People Innovation Excellence
 

Pengantar Teknologi Informasi : Pengenalan Jaringan 5G dan Keuntungan Penggunaanya

Di era sekarang ini, ketika kita menggunakan smartphone, laptop, PC, dan banyak peralatan digital lain, ketika tidak tersambung ke internet, kita akan merasa fungsi peralatan tersebut menjadi terbatas sekali. Oleh sebab itu dibutuhkan internet untuk memaksimalkan kerja perangkat digital tersebut. Tetapi tidak hanya internet biasa yang dibutuhkan melainkan internet yang cepat. Internet cepat itu dapat digunakan oleh orang untuk bekerja, streaming, download, belajar online, bermain game online dan lain sebagainya. Tanpa internet yang cepat hal-hal diatas mungkin menjadi terhambat oleh sebab itu diciptakan internet dengan jaringan 5G.

Apa itu jaringan 5G ? Jaringan 5G adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan generasi kelima yang melebihi kecepatan generasi sebelumnya yaitu 4G. Jaringan 5G menyediakan banyak keuntungan bagi pengguna diantaranya, kecepatan multi-gigabit (Gbps) Dengan kecepatan seperti ini , jika kita mendownload film HD yang sebelumnya baru selesai dalam hitungan menit atau jam, akan selesai dalam hitungan detik.

Keuntungan berikutnya adalah unlimited data. Dengan spektrum yang baru dan luas, kapasitas untuk penggunaan koneksi 5G juga sangat besar, sehingga penerapan kuota yang selama ini diberlakukan akan berganti unlimited. Bayangkan saja internet ini seperti aliran air, 4G LTE seperti air yang mengalir pada pipa, ketika kita mengambil airnya, harus ada hitungan batasan penggunaan, agar air tersebut juga bisa dibagi kepada pengguna lain. 5G bisa dikatakan seperti aliran sungai, dan smartphone kita seperti ember sehingga kita dapat mengambil air sepuasnya.

Keuntungan Lainnya adalah Latensi yang sangat kecil. Penggemar game online mungkin lebih mengerti, bahwa salah satu hal penting untuk memenangkan permainan game online adalan latensi yang kecil. Latensi ini kira-kira berapa cepat eksekusi dijalankan ketika perintah diberikan. Pada game online, saat perintah menembak atau memukul misalnya, ditekan pada keyboard, ada jeda sampai karakter benar melakukan perintah ini, jika ada jeda yang panjang atau delay, ini dinamakan latensi yang besar. Saat internet kita kecepatannya baik, tetapi latensi nya besar, setiap eksekusi yang kita lakukan akan direspon lebih lambat. Pada era 5G, latensi ini menjadi sangat kecil hingga bisa 1ms, setiap eksekusi yang diberikan, instan dilaksanakan. Latensi kecil ini akan menjadi ujung tombak perubahan disruptif banyak industri dan misi kritikal.

Dunia teknologi saat telat berkembang sangat pesat. Oleh karena itu kita harus mengikuti perkembangannya dengan baik sehingga kita tidak ketinggalan zaman akan tetap kita juga harus menggunakan teknologi tersebut untuk kebaikan kita. Dengan jaringan 5G ini diharapkan kita semua dapat mengakses internet dengan cepat dan juga kita harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk perkembangan diri kita.

Sumber :

https://www.recode.net/2015/3/13/11560156/what-is-5g-and-what-does-it-mean-forconsumers https://inet.detik.com/telecommunication/d-3880746/5g-di-depan-mata-internet-cepat-buatapa https://5g.co.uk/guides/what-is-5g/ https://www.mwrf.com/components/understanding-5g-and-iot-rf-systems-shelf-components


Published at : Updated
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator Network Centric | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close