People Innovation Excellence
 

Cloud Gaming

Cloud Gaming atau yang sering disebut sebagai game on demand, merupakan jenis permainan online. Saat ini ada dua jenis utama game cloud: game berbasis cloud pada streaming video dan game cloud berdasarkan streaming file. Cloud gaming bertujuan untuk memberikan pengguna akhir kemampuan bermain tanpa gesekan dan langsung di berbagai perangkat. Sejarah Pada tahun 2000, G-cluster mendemonstrasikan teknologi cloud gaming di E3(Electronic Entertainment Expo). Penawaran asli adalah layanan game cloud melalui Wi-Fi ke perangkat genggam. Pengembang video game Crytek memulai penelitian pada sistem permainan cloud pada tahun 2005 untuk Crysis, tetapi menghentikan pengembangan pada tahun 2007 untuk menunggu sampai infrastruktur dan penyedia Internet kabel yang untuk tugas ini. OnLive resmi diluncurkan pada Maret 2010, dan layanan gimnya dimulai pada bulan Juni dengan penjualan microconsole OnLive-nya.Pada 2 April 2015, diumumkan bahwa Sony Computer Entertainment telah memperoleh paten OnLive, dan OnLive menutup pintunya. Pada bulan November, SFR meluncurkan layanan game cloud komersial di IPTV di Perancis, didukung oleh teknologi G-cluster.

GeForce NOW adalah layanan streaming-game berbasis cloud yang ditawarkan oleh NVIDIA yang diluncurkan pada 1 Oktober 2015. Nvidia GRID adalah kreasi terbaru oleh Nvidia yang ditargetkan khusus untuk game cloud. Nvidia GRID mencakup pemrosesan grafik dan encoding video ke dalam satu perangkat yang dapat mengurangi input untuk menampilkan latensi streaming video game berbasis cloud. Ini penting karena dampak latensi akan terjadi antara apa yang dilakukan pengguna dan kapan aksi ditampilkan di layar mereka. Google meluncurkan Project Stream pada 1 Oktober 2018. Microsoft meluncurkan Proyek xCloud pada 8 Oktober 2018. Tipe Cloud gaming adalah istilah payung yang digunakan untuk menggambarkan bentuk distribusi game online. Metode yang paling umum dari game cloud saat ini adalah streaming (streaming) dan streaming file video (atau piksel). “Cloud gaming”, juga dalam beberapa kasus disebut “gaming on demand”, adalah jenis permainan online yang memungkinkan streaming video game langsung dan sesuai permintaan ke komputer, konsol dan perangkat seluler, mirip dengan video sesuai permintaan, melalui penggunaan dari klien yang tipis. Permainan sebenarnya disimpan, dieksekusi, dan ditampilkan di server operator atau perusahaan game remote dan hasil video dialirkan langsung ke komputer konsumen melalui internet. Hal ini memungkinkan akses ke game tanpa memerlukan konsol dan sebagian besar membuat kemampuan komputer pengguna menjadi tidak penting, karena server adalah sistem yang menjalankan kebutuhan pemrosesan. Kontrol dan tombol yang ditekan dari pengguna ditransmisikan langsung ke server, di mana mereka direkam, dan server kemudian mengirim kembali respon permainan ke kontrol input. Perusahaan yang menggunakan jenis permainan cloud ini termasuk NVIDIA (GeForce NOW), Playkey, PlayGiga, CiiNOW, Ubitus.

Game on demand adalah layanan gim yang memanfaatkan koneksi broadband, kluster server besar, enkripsi dan kompresi untuk mengalirkan konten game ke perangkat pelanggan. Pengguna dapat memainkan game tanpa mengunduh atau memasang gim yang sebenarnya. Konten permainan tidak disimpan pada hard drive pengguna dan eksekusi kode permainan terjadi terutama di kluster server, sehingga pelanggan dapat menggunakan komputer yang kurang kuat untuk bermain game daripada yang biasanya diperlukan permainan, karena server melakukan semua operasi yang padat-kinerja biasanya dilakukan oleh komputer pengguna akhir. Sebagian besar platform permainan cloud ditutup dan dimiliki; platform permainan awan open-source pertama hanya dirilis pada bulan April 2013.

P2P cloudless gaming – sejenis permainan cloud, di mana komputer remote untuk eksekusi game diwakili oleh komunitas individu. Perbedaan penting dari permainan cloud adalah game tersebut dijalankan pada PC yang sebenarnya dan dialirkan secara satu-ke-satu. Game sebenarnya disimpan, dieksekusi, dan ditampilkan di stasiun komputer jarak jauh dan hasil video dialirkan langsung ke komputer konsumen melalui internet. P2P cloudless gaming memungkinkan penutupan kesenjangan latensi: komputer jarak jauh dapat ditemukan dalam satu penyedia internet. Protokol jaringan dalam permainan awan P2P dengan cerdas memilih yang paling sesuai antara komputer jarak jauh dan perangkat konsumen.

Game cloud berdasarkan pada pengaliran file, juga dikenal sebagai unduhan progresif, menyebarkan thin client di mana game sebenarnya dijalankan pada perangkat game pengguna seperti perangkat seluler, PC atau konsol. Bagian kecil dari permainan, biasanya kurang dari 5% dari total ukuran permainan, diunduh awalnya sehingga gamer dapat mulai bermain dengan cepat. Konten game yang tersisa diunduh ke perangkat pengguna akhir saat bermain. Ini memungkinkan akses instan ke game dengan koneksi Internet bandwidth rendah tanpa jeda. Cloud digunakan untuk menyediakan cara skalabilitas streaming konten game dan analisis data besar. Game Cloud berdasarkan streaming file membutuhkan perangkat yang memiliki kemampuan perangkat keras untuk mengoperasikan game. Seringkali, konten game yang diunduh disimpan di perangkat pengguna akhir yang di-cache. Perusahaan yang menggunakan game cloud jenis ini termasuk Kalydo, Approx, dan SpawnApps.

Azani & Victorino

Sumber :

https://news.softpedia.com/news/Crytek-Attempted-CloudGaming-Way-Before-OnLive-110232.shtml https://www.droidviews.com/play-pc-console-games-onandroid-without-emulator-with-cloud-gaming/ http://news.bbc.co.uk/2/hi/technology/8556874.stm


Published at : Updated
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom.,M.T.I
Subject Content Coordinator Network Centric | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close