People Innovation Excellence
 
Feature Image

Facial Expressions Recognition Untuk Dynamic Balancing di Game

Balancing adalah salah satu komponent penting dalam pembuatan game. Game yang terlalu sulit terlebih diawal-awal ketika bermain game akan membuat pemain stress dan game yang terlalu mudah juga akan membuat pemain bosan dalam memainkannya.  Kedua hal tersebut akan menurunkan experience sang player ketika bermain game. Ada beberapa teknik untuk merancang balance yang tepat untuk sebuah permainan, namun penelitian yang terbaru menuju kearah pengaturan balancing secara dinamis ketika pemain memainkan game tersebut. Semakin ahli sang pemain dalam bermain, maka tingkat kesulitan permainan dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan pemain. Begitu pula jika pemain selalu kalah dalam sebuah game, maka tingkat kesulitan game tersebut dapat diturunkan secara dinamis sesuai dengan kemampuan pemain tersebut.

Salah satu cara untuk mengatur tingkat kesulitan dalam game adalah dengan menggunakan expresi wajah pemain. Dengan menggunakan kamera, wajah pemain dapat ditangkap dan dianalisa dengan menggunakan Facial Action Coding System (FACS) [4]. Jika wajah pemain tampak stress (AU4 atau AU27 atau AU4 +AU27), maka tingkat kesulitan dalam bermain akan diturunkan, demikian pula jika wajah pemain tampak relax (neutral), maka tingkat kesulitan dalam bermain akan perlahan-lahan dinaikan. Moniagaet al. [1] melakukan eksperimen dengan menggunakan Facial Expression Recognition untuk mengatur dynamic balancing dalam game dan meningkatkan game player experience secara signifikan.Para peneliti tersebut menggunakan wajah stress, relax, dan senang untuk mengatur tingkat kesulitan game. Variable yang digunakan sebagai pengatur dynamic balancing adalah character’s critical chance, character’s health regen, dan enemy’s spawn rate. Gambar 1 mengilustrasikan bagaimana cara peneliti melakukan dynamic balancing. Detail dapat dilihat dapat paper atau jurnal online milik para peneliti pada tautan berikut ini: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050918314741#!

Gambar 1.Dynamic Balancing

Daftar Pustaka

[1] Moniaga, J. V., Chowanda, A., Prima, A., &Rizqi, M. D. T. (2018). Facial Expression Recognition as Dynamic Game Balancing System. Procedia Computer Science, 135, 361-368.

[2] Chowanda, A. (2013). Emowars: Interactive Game Input MenggunakanEkspresiWajah. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 1009-1017.

[3] Unity (2017). Machine Learning. Retrieved December 7, 2018, from https://unity3d.com/machine-learning

[4] Ekman, P., & Rosenberg, E. L. (Eds.). (1997). What the face reveals: Basic and applied studies of spontaneous expression using the Facial Action Coding System (FACS). Oxford University Press, USA.


Published at : Updated
Written By
Andry Chowanda, S.Kom., M.M., PhD.
Head of Program Game Application and Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close