People Innovation Excellence
 
Feature Image

Predictive Text

Predictive text atau word prediction adalah sebuah teknik yang membantu proses input yang digunakan oleh orang yang memiliki kekurangan maupun tidak pada sistem desktop, handheld devices, dan augmentative communication systems. Predictive text yang paling sering digunakan saat ini terdapat pada mobile phone seperti terlihat pada gambar 1.

Gambar 1. Predictive text pada mobile phone pada iPhone

Tujuan utama dari predictive text adalah mengurangi jumlah penekanan tombol yang dibutuhkan untuk mengetik sebuah kata. Secara umum, sistem telah digunakan dalam perangkat komunikatif yang membutuhkan input teks, seperti komputer, personal digital assistant (PDA), dan telepon seluler. Sistem predictive text akan meningkatkan kecepatan dalam pengetikan untuk orang yang lambat dalam pengetikan.

Cara kerja dari predictive text yaitu ketika pengguna mengetik sebuah kata maka sistem akan menawarkan kata yang mirip dengan yang diketik. Jika kata tersebut ditemukan, pengguna hanya menggunakan sebuah perintah sederhana dalam pemakaian kata tersebut.

Keystrokes Per Character dan Keystroke Savings

Keystrokes per character (KSPC) adalah besarnya jumlah penekanan tombol yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah karakter dalam teknik entri teks. KSPC berguna sebagai bahan analisis untuk membandingkan tiap teknik entri teks dalam berbagai bahasa. Nilai KSPC untuk keyboard QWERTY adalah sama dengan satu sedangkan dengan sistem predictive text memungkinkan untuk memperoleh nilai KSPC lebih kecil daripada satu. Semakin kecil nilai KSPC maka semakin baik pula sistem predictive text tersebut. Untuk mengetahui nilai KSPC dapat digunakan perhitungan:

dimana KSPC adalah nilai dari keystrokes per character, w adalah sebuah kata dari kumpulan kata yang ada. Kw adalah angka dari keystrokes yang dibutuhkan untuk entri w, Cw adalah ukuran atau banyaknya karakter dari w, dan Fw adalah frekuensi dari penggunaan w.

Sedangkan keystroke savings merupakan salah satu variabel terikat yang dirancang oleh peneliti untuk menilai kemampuan suatu teknik entri teks. Rumus untuk perhitungan dari keystroke savings:

dimana KS adalah nilai dari keystroke savings, keysnormal adalah angka dari keystroke untuk setiap kata, dan keyswithprediction adalah angka dari keystroke yang dibutuhkan untuk entri sebuah kata dengan sistem predictive text.


Published at : Updated
Written By
Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I
Head of Program of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close