People Innovation Excellence
 
Feature Image

Semantic Network

Semantic network adalah sebuah teknik representasi AI yang digunakan untuk informasi proporsional. Sebuah semantic network terkadang disebut juga sebagai propositional net. Proposition adalah sebuah kalimat yang memiliki nilai benar atau salah, seperti contohnya adalah “anjing adalah mamalia” dan “segitiga memiliki tiga sisi”. Proposition adalah bentuk dari pengetahuan yang deklaratif karena mereka menyatakan fakta. Di dalam matematika, semantic network adalah sebuah graph yang diberikan label dan mempunyai arah.

Struktur di dalam semantic network ditunjukkan di dalam sebuah grafik yang terdiri dari node serta panah yang menghubungkan antar node di dalamnya. Node merupakan representasi dari object dan panah merupakan representasi dari link/edge.

Gambar 1. General Network

Gambar 1 menunjukkan sebuah network yang biasa/umum, yang merupakan sebuah graph yang memiliki arah (directed graph), yang mana setiap link-nya menjelaskan rute penerbangan antar kota. Panah yang ada antar node menunjukkan arah mana saja penerbangan bisa dilakukan.

Gambar 2. Semantic Network

Sedangkan pada gambar 2 menunjukkan hubungan antar anggota dalam sebuah keluarga. Hubungan disini menjadi hal utama yang penting di dalam semantic network karena mereka menyediakan struktur dasar untuk mengorganisasikan knowledge. Tanpa hubungan yang dijelaskan di dalamnya, knowledge tersebut hanya sekedar kumpulan fakta-fakta tanpa kejelasan hubungan satu dengan lainnya. Dengan adanya hubungan yang didefinisikan, knowledge yang ada menjadi sebuah struktur yang kohesif mengenai knowledge lain yang mana yang bisa disimpulkan. Sebagai contohnya, kita bisa menyimpulkan bahwa Ann dan Bill adalah kakek dan nenek dari John meskipun tidak ada link secara eksplisit yang berlabelkan “kakek/nenek dari”.

Diambil dari:

Widodo Budiharto, Derwin Suhartono. Artificial Intelligence: Konsep dan Penerapannya. PT. Andi Yogyakarta, Indonesia. 2014. ISBN: 978-979-29-4222-4.


Published at : Updated
Written By
Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I
Head of Program of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close