People Innovation Excellence
 

Card Sorting

Item produk yang tersedia dalam sebuah aplikasi toko online banyak sekali. Hal ini menyulitkan pengguna dalam memilih produk yang diinginkan. Juga menyulitkan bagi pemilik aplikasi untuk menentukan item mana yang perlu ditampilkan. Pengguna tetap mudah memilih produk yang dibeli walaupun dalam tampilan yang lebih kecil seperti pada smartphone. Metode Card Sorting dapat digunakan untuk membantu menentukan item atau fitur mana yang perlu dikembangkan lebih dulu.

Metode Card Sorting ini memberikan pilihan pada sekelompok user untuk menentukan item produk atau fitur yang lebih diutamakan atau yang menjadi fokus utama. Peneliti membuat beberapa pilihan dalam bentuk kartu kemudian diberikan pada user untuk diurutkan sesuai prioritas.

Sebagai contoh untuk menentukan kategori produk apa saja yang perlu ditampilkan pada halaman utama sebuah aplikasi pemesanan makanan secara online. Rumah makan yang ada terdiri dari banyak jenis mulai dari makanan utama maupun snack. Peneliti ingin mengetahui kategori apa saja yang perlu ditampilkan lebih dulu. Sebagai contoh pilihan kategori yang ada yaitu kategori terbaru, kategori rekomendasi, kategori premium, kategori minuman, dan kategori makanan snack. Pilihan kategori diberikan pada user untuk diurutkan sesuai prioritas user. Dari hasil urutan yang ditentukan user, kemudian dilakukan analisa, mana pilihan yang paling banyak akan menjadi kategori utama dan diurutkan sesuai pilihan terbanyak dari user.

Metode Card Sorting umumnya digunakan oleh peneliti untuk menentukan pilihan dari sekian banyak item yang ada dan ingin menentukan susunan yang efektif pada saat menampilkan item produk yang ada. Namun tidak memungkinkan jika user diberikan banyak pilihan tentunya akan membuat lebih bingung dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu kendala yang dihadapi peneliti pada umumnya adlaah menentukan item mana yang perlu dipilih oleh user. Walaupun demikian metode sederhana ini banyak membantu dalam menentukan susunan item yang mau ditampilkan atau fitur mana yang akan dikembangkan lebih dahulu.(YY)

Referensi

Jonathan Lazar, Jinjuan Heidi Feng and Harry Hochheiser, “Research Method in Human Computer Interaction”,2010, Wiley , A Jon Wiley and Sons,Ltd Publication.

Russ Unger and Carolyn Chandler,”A Project Guide to UX Design: for User Experience Designers in the Field or in The Making” , Second Edition,  New Riders.ISBN: 978-0-321-81538-5.


Published at :
Written By
Yulyani Arifin, S.Kom., M.M
Concentration Content Coordinator Interactive Multimedia | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close