Ganjil 2019/2020
Topik Skripsi
Semester Ganjil 2019/2020
Topik | Nama Dosen | Sub- Topik / Judul Topik | Deskripsi Topik |
Artificial Intelligence | Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. | Personality Prediction through Social Media | membuat sistem pengenalan kepribadian manusia melalui analisa kegiatannya di berbagai macam platform media sosial |
Artificial Intelligence | Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. | Mining Argumentation from Scientific Articles | mengidentifikasi dan mengukur validitas sebuah argumentasi yang dibuat oleh penulis paper internasional |
Artificial Intelligence | Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom. | Pengembangan robot humanoid Edukasi berbasis Android | mengembangkan aplikasi robot pengajar dan hiburan menggunakan App Inventor untuk aplikasi di HP Android |
Artificial Intelligence | Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom. | Pengembangan self learning pada robot humanoid yg mampu berbicara | mengembangkan aplikasi robot humanoid serbaguna dan hiburan menggunakan Python |
Artificial Intelligence | Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom. | Pengembangan kursiroda listrik cerdas | mengembangkan aplikasi kursi roda listrik berbasis joystick dan Arduino |
Artificial Intelligence | Andry Chowanda, S.Kom., M.M., Ph.D | Computational Models of personality, emotions, and social relationship to build interactive virtual humans | membangun sistem virtual humans (VHs) yang dapat berinteraksi dengan user dengan natural. Sistem VHs tersebut akan merespon berdasarkan dengan emosi dan perkataan user serta emosi internal VHs, personality dan seberapa dekat user dengan VHs. Sistem dasar sudah ada tinggal tahap pengembangan lanjut dan user testing. |
Artificial Intelligence | .Irene Anindaputri Iswanto, S.Kom., M.Sc.Eng. | Pengenalan Kepribadian dan Identitas Manusia melalui Analisa Wajah dan Ekspresinya | mengembangkan sistem yang dapat memprediksi kepribadian seseorang melalui gambar atau foto yang di post melalui ID social medianya |
Artificial Intelligence | Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. | Sistem deteksi tingkat aktifitas dalam ruangan menggunakan citra cctv | membangun sistem deteksi aktifitas dalam ruangan menggunakan convolutional neural network |
Data Mining | Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. | Embedding customer behavior menggunakan deep learning | membangun model embedding untuk data customer behavior |
Data Mining | Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. | Text mining untuk penentuan topik hirarkis berita dengan deep unsupervised learning | membangun sistem otomatis untuk menentukan topik berita |
E-Application | Meiliana, S.Kom., MSc. | Forum Diskusi | mengautomasi proses pengujian dengan menggunakan user story/GHERKIN language dengan menganalisa artifak program yang terkait dengan test case yang disebutkan. |
E-Application | Novita Hanafiah, S.Kom., M.Sc. | Sharing food application | Membuat aplikasi berbasis web yang responsive sebagai media untuk saling berbagi mengenai makanan dan barang yang tidak terpakai lagi |
E-Application | Dr. Budi Yulianto, S.Kom., M.M., CBA. | Perangkat Ajar Berbasis Web Untuk Pembelajaran Pemrograman OOP / GUI | Website untuk pembelajaran pemrograman OOP/GUI yang terdiri dari materi ajar, simulasi/praktik, dan latihan. Web menggunakan PHP Laravel. Pelajar |
GIS | Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. | Klasifikasi tingkat kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi dengan metode Machine Learning | menentukan tingkat kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi dengan pendekatan klasifikasi dari pengembangan metode gabungan (hibrid) machine learning. |
Interactive Multimedia and Game | Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I | 3D Game sebagai sarana Pembelajaran Fisika Dasar SMU | Penggunan game sebagai sara belajar fisika dasar untuk anak SMK |
Interactive Multimedia and Game | Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I | 2D Game sebagai sarana Pembelajaran Elektronika dasar untuk anak SMK | Penggunan game sebagai sara belajar elektronika dasar untuk anak SMU |
IOT | Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. | Smart City Application | Pengembangan aplikasi untuk mendukung smart city (kota cerdas) |
Network | Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T. | Simulasi Protokol Jaringan Komputer Berbasiskan Software Define Network menggunakan Mininet | merekonstruksi penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya dengan mengembangkan topologi jaringan dan protokol yang disimulasi |
Multimedia and Game (GAT) | Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. | Game for Human Life | Membuat game yang berdampak terhadap kehidupan manusia |
Multimedia and Game (GAT) | Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. | Dynamic Environment System | Membuat game dengan environment yang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi berdasarkan game design yang dibuat |
Multimedia and Game (GAT) | Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. | Game Engine | Mengembangkan model game engine / library / plugin untuk mempermudah pembuatan game |
Multimedia and Game (GAT) | Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. | Holographic Control System | Membuat hologram game dengan dynamic controller yang multifungsi |
Multimedia and Game (GAT) | Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. | Volumetric Imaging Display | Membuat hologram game menggunakan photonics engine |
Mobile Application (MAT) | Aswin Wibisurya, S.Kom., M.TI. | Aplikasi Penjadwalan Meeting dan Booking Ruangan dengan priority attendance constraint | Peserta ke dalam beberapa level prioritas kehadiran. Terdapat mekanisme untuk fetch jadwal calendar gmail, algoritma sudah disediakan. |
Mobile Application (MAT) | Aswin Wibisurya, S.Kom., M.TI. | Gamification untuk Pronunciation Drill bahasa asing | Penentuan benar/salah pronunciation menggunakan Microsoft SDK |
Mobile Application (MAT) | Aswin Wibisurya, S.Kom., M.TI. | Menampilkan Dynamic Information pada Marker-Based Augmented Reality | Informasi yang akan ditampilkan untuk marker tertentu diinput dari Web-Based CMS. Informasi multimedia yang ditampilkan: formatted text, 2D image, audio, video |