People Innovation Excellence
 

Network API

Network API adalah program aplikasi antar muka di dalam suatu jaringan yang di dalamnya terdapat berbagai kumpulan perintah, fungsi dan protokol yang dapat digunakan oleh pengembang dalam membangun sebuah aplikasi ataupun mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi yang terpisah atau dengan aplikasi lainnya yang berbeda secara bersamaan.

Tujuan utama di dalam penggunaan Network API sendiri secara sepesifik adalah untuk memudahkan serta mempercepat proses di dalam membangun ataupun mengembangkan suatu aplikasi melalui hubungan komunikasi di dalam sebuah jaringan. Network API sangat terasa dampaknya disaat pengembang mengembangkan aplikasi yang kompleks dan rumit, karena Network API dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh aplikasi serta function yang dapat digunakan secara terpisah sehingga setiap pemograman yang memiliki fitur yang sama atau serupa tidak perlu di program kembali. Contohnya : Payment Gateway, One Time Password, Online account Synchron, Maps dan lain – lain.

Secara umum Network API berkerja dengan cara menyiapkan sebuah situs website yang mereka sediakan untuk di jadikan sebuah pintu yang menjembatani untuk membantu para penggunanya dalam melakukan panggilan kepada server sehingga server dapat memberikan sebuah informasi data ataupun melakukan suatu hal yang sepesifik seperti fungsi tertentu dan mengembalikannya kepada pengguna. Sehingga pengguna atau pengembang tidak perlu melakukan suatu proses atau mengolah data tertentu yang sifatnya berulang atau sudah ada termasuk menyimpan data yang mereka butuhkan, karena semua hal tersebut telah di sediakan oleh Network API melalui jaringan.

Secara umum komponen Network API dapat di analogikan sebagai berikut : 

ASSET – API – DEVELOPERS – SOFTWARE & APPLICATIONS – END USER

  • Asset merupakan suatu hasil pemrosesan atau suatu data informasi yang di milik oleh sebuah Server Network API yang dapat digunakan oleh seluruh atau sebagian pengguna.
  • API merupakan sebuah pintu yang menjembatani antara pengguna atau pihak yang melakukan pengembangan terhadap asset tersebut. Sehingga dapat terhubung dan menggunakan data informasi asset yang terserdia.
  • Developers merupakan pihak yang melakukan pengembangan terhadap suatu aplikasi.
  • Software & Applikasi yang menggunakan Network API cenderung memberikan performa yang lebih baik dan efisien. hal ini dapat terjadi karena device yang tersebut tidak memproses data informasi atau melakukan sebuah service melainkan Network API lah yang membantu menghubungkan aplikasi tersebut dengan server untuk melakukannya.
  • Pengguna merupakan pihak yang sangat di untungkan dari penggunaan Network API di dalam aplikasi yang mereka gunakan.

Referensi 

Sandi, A. (2017, November 16). Mengenal Apa itu Web API. Retrieved September 24, 2018, from CODEPOLITAN: https://www.codepolitan.com/mengenal-apa-itu-web-api-5a0c2855799c8

Mitchell, B. (2019, Desember 12). About Network APIs. Retrieved from Life Wire: https://www.lifewire.com/network-application-programming-interfaces-818102

Triebstok, K. (2018, July 11). apa itu API? apakah penting? Retrieved September 2019, from NORDIC SCHOOL OF TECHNOLOGY: https://nordic.id/backend/apa-itu-api-apakah-penting/

Author : Manggala Tanri Sulung, Bayu Kanigoro


Published at :
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator - Network Systems | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close