People Innovation Excellence
 

Virtual Reality Dalam Hidupmu

Pernah mendengar Virtual Reality? Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang mampu menghasilkan sebuah lingkungan virtual berserta dengan obyek-obyek virtual didalamnya, atau dengan kata lain sebuah realita yang disimulasikan oleh komputer, sehingga saat kita menggunakannya kita akan merasa berada dalam sebuah realita baru, tidak lagi berada dalam dunia nyata. Berikut ini beberapa potensi dari Virtual Reality yang akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Trailer untuk berkunjung ke tempat wisata

Dalam teori, VR bisa mensimulasikan diri anda, berkunjung ke berbagai negara, namun untuk mensimulasikan secara riil semua obyek wisata dunia ini masih sulit dilakukan, karena akan membutuhkan storage yang sangat besar untuk menyimpan data virtual. Namun jika hanya sekedar untuk menampikan “Trailer” dari tujuan wisata yang akan dikunjungi saya rasa Virtual Reality sudah mampu untuk merealisasikannya. Agen wisata juga dapat menyediakan perangkat VR untuk menjalan kan trailer dari tujuan wisata tersebut, dengan cara ini pelanggan akan merasakan bagaimana gambaran tempat wisata yang akan dikunjungi, sehingga akan lebih mudah di yakinkan.

Belajar Memasak (dan lainnya)

Bagi orang yang suka memasak, teknologi VR dapat digunaka sebagai alat untuk pembelajaran, untuk dapat memasak yang lezat, seorang koki harus mampu secara konsisten untuk dapat menghasilkan masakan yang sama lezatnya dilain waktu. Konsistensi dalam memasak bisa didapatkan dengan latihan yang rutin, kamu harus terus berlatih dan memasak menu tersebut berulang kali sampai kamu benar-benar menguasainya. Hal ini menjadi masalah, karena setiap kali kamu memasak masakan tersebut tidak mungkin kamu buang, dan saya rasa semua orang pasti bosan memakan masakan yang sama terus menerus. Dengan Virtual Reality kamu dapat berlatih sampai mahir tanpa harus kuatir harus membuang masakan, karena semuanya adalah virtual.

Sebagai alat relaksasi

Kadang kalau untuk melakukan relaksasi kita membutuhkan ruangan yang nyaman, dan luas. Namun tidak semua orang bisa mendapatkannya. Virtual reality dapat menciptakan lingkungan yang kita inginkan entah itu sebuah kafe, dengan suasana temaran dengan sayup-sayup percakapan orang, atau lingkungan pantai dengan suara ombak yang menenangkan, apapun lingkungan yang kamu inginkan

Sebagai alat terapi

Bagi orang yang memiliki phobia terhadap suatu hal tertentu, misalnya phobia ketinggian. Virtual reality dapat mensimulasikan keadaan yang kamu takutkan tersebut, sehingga kamu yang mengalami phobia dapat terbiasa dan mengurangi rasat takutmu.

Tentu saja untuk memungkinkan menggunakan virtual reality membutuhkan perangkat khusus, bisa berupa perangkat yang mahal seperti Hololens, Samsung Gear dan lainnya. Namun sekarang ini Virtual Reality sudah dapat diimplementasikan pada perangkat yang lebih murah, selama perangkat tersebut memiliki fitur gyroscope dan akselerator yang mampu mendekteksi gerakan kita sebagai alat interaksi dengan aplikasi virtual reality tersebut. Agar aman digunakan virtual reality membutuhkan sebuah perangkat khusus yang menjaga agar kita tidak menabrak sesuatu didepan kita yang membahayakan. Perangkat tersebut harus dapat membantasi langkah pergerakan kita, agar tidak pergi ke daerah yang membahayakan, ada perangkat virtual reality yang mampu membuat kita berjalan atau menahan kita ditempat agar dapat mensimulasikan kita berjalan. Tentu berbahaya dong kita berjalan-jalan dijalan raya, atau menuruni tangga dengan perangkan virtual reality masih menutupi mata kita.

Apakah anda berminat untuk membuat aplikasi augemented reality? Pelajari aplikasi yang masuk kedalam game engine, karena menciptakan dunia virtual cara membuatnya hampir mirip dengan membuat game 3D dimensi.

Author: Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I


Published at : Updated
Written By
Hady Pranoto, S.Kom., M.T.I
Concentration Content Coordinator - Interactive Multimedia | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close