People Innovation Excellence
 

Perkenalan ReactJS

ReactJS merupakan sebuah library javascript untuk membuat tampilan antarmuka pengguna. ReactJS dibuat oleh Facebook pada 2011. Beberapa project besar yang menggunakan ReactJS sebagai antarmuka pengguna adalah Facebook, Instagram, Netflix.

Selain itu React adalah pustaka JavaScript yang deklaratif, efisien, dan fleksibel untuk membangun antarmuka pengguna. Pada MVC, React berada pada komponen View.  ReactJS juga sebagai library front-end open-source berbasis komponen yang hanya responsible pada layer View aplikasi.

ReactJS memiliki keunggulan sebagai berikut.

  1. Mudah dipahami
    Gaya penulisan yang deklaratif dan simple membuat ReactJS ini mudah dipahami dan dipelajari. Sehingga jika ada kesalahan dalam penulisan kode kita akan dengan mudah menemukan letak kesalahannya.
  1. JSX
    JSX adalah extension javascript yang di gunakan react untuk menulis HTML di dalam Javascript. JSX bukanlah sintaks javascript, sehingga browser tidak bisa membaca sintaks ini, di butuh kan sebuah JSX compiler yang di gunakan untuk menterjemahkan JSX kedalam bahasa regular javascript agar bisa terbaca oleh browser.
  1. Modular
    Jika ingin membuat aplikasi dalam skala besar, React mendukung penulisan kode dengan skala yang lebih kecil sehingga dapat disatukan menjadi aplikasi utuh dan reusable(dapat digunakan kembali).
  1. Scalable
    ReactJS memiliki keunggulan dapat menangani sebuah program dengan skala sangat besar, dan dapat menampilkan data yang diinginkan bahkan data yang sangat kompleks.
  1. Flexible
    ReactJS dapat membuat aplikasi diberbagai platform seperti Web, mobile, ataupun desktop.
  1. Efisien dan Cepat
    Pada prosesnya ReactJS akan menciptakan Virtual DOM untuk melakukan perubahan DOM. Semua proses operasi yang dilakukan ReactJS dilakukan pada Virtual DOM terlebih dahulu setelah itu maka proses tersebut akan dipindahkan ke DOM.
  1. Kemudahan Debugging
    ReactJS menyediakan Virtual DOM untuk kita dapat menjelajahnya dengan tujuan jika terdapat bug makan dengan cepat dapat ditemukan.
  1. SEO menarik
    ReactJS dapat dijalankan pada server dan Virtual DOM diberikan ke browser sebagai halaman web biasa, sehingga ReactJS sangat support SEO.
    ReactJS adalah sebuah javascript library yang sangat mudah digunakan yang dapat digunakan diberbagai platform, web, mobile dan dekstop. ReactJS juga bekerja secara cepat dan efisien, sehingga mendukung pengembangan software menggunakan teknologi SCRUM/Agile.

Daftar Pustaka

https://reactjs.org/
https://medium.com/skyshidigital/1-pendahuluan-seminggu-menjadi-master-react-js-seri-tingkat-dasar-7b6ec7b04af
https://www.tutorialspoint.com/reactjs/reactjs_overview.htm


Published at :
Written By
Reinert Yosua Rumagit, S.Kom., M.TI
Subject Content Coordinator Multimedia System | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close