People Innovation Excellence
 
Feature Image

Swift is Fun

Swift adalah bahasa pemrograman yang kuat dan intuitif untuk macOS, iOS, watchOS, tvOS. Menulis kode Swift bersifat interaktif dan menyenangkan, sintaksisnya ringkas namun ekspresif, dan Swift menyertakan fitur modern yang disukai pengembang. Kode Swift aman berdasarkan desain, namun juga menghasilkan perangkat lunak yang berjalan secepat kilat.

Swift berasal dari Bahasa pemrograman bernama objective-c. Pada awalnya Bahasa tersebut digunakan untuk membuat aplikasi berbasis iOS, tetapi semakin lama Apple memutuskan untuk membuat Bahasa baru yang lebih intuitive, mudah, dan dapat dikembangan sesuai dengann teknologi yang akan dibuat oleh Apple. Karena Apple terkenal dengan produk yang “berbeda” di pasaran, maka membuat Bahasa pemrograman sendiri untuk produk – produk adalah langkah yang tepat bagi mereka.

Dari konsepsi awalnya, Swift dibangun untuk menjadi cepat. Menggunakan teknologi kompiler LLVM yang sangat berkinerja tinggi, kode Swift ditransformasikan menjadi kode asli yang dioptimalkan yang mendapatkan hasil maksimal dari perangkat keras modern. Sintaks dan pustaka standar juga telah disetel untuk membuat cara yang paling jelas untuk menulis kode.

Swift adalah penerus bahasa C dan Objective-C. Ini termasuk primitif tingkat rendah seperti jenis, kontrol aliran, dan operator. Swift juga menyediakan fitur berorientasi objek seperti kelas, protokol, dan generik, memberikan pengembang dan kekuatan Cocoa Touch.

Jika kita melihat website Apple, Apple menyatakan bahwa swift merupakan Bahasa yang mudah untuk pertama kali belajar pemrograman. Memang iya, jika dibandingkan Bahasa lain, Swift merupakan Bahasa yang sangat mudah dipelajari dan digunakan. Contoh nya seperti ini :

Contoh penggunaan Bahasa swift

Dilihat dari contoh diatas, terlihat bahwa untuk membuat array dan sort array sangat lah mudah, tidak ada banyak “{ }” dan hanya semudah 1 baris kode saja.

StoryBoard

Storyboard adalah fitur menarik yang pertama kali diperkenalkan di iOS 5, yang menghemat waktu membangun antarmuka pengguna untuk aplikasi Anda. Storyboard memungkinkan Anda membuat prototipe dan mendesain beberapa tampilan pengontrol tampilan dalam satu file, dan juga memungkinkan Anda membuat transisi di antara pengontrol tampilan.

Sebelum storyboard, Anda harus menggunakan file XIB (alias file NIB). Anda hanya bisa menggunakan satu file XIB per tampilan (misalnya, per UITableViewCell, UITableView atau jenis UIView lainnya yang didukung).

Fitur yang membedakan swift dengan Bahasa lain adalah ini, Storyboard. Untuk menggunakan Bahasa swift, programming tools yang harus digunakan adalah Xcode. Xcode adalah programming tools yang dibuat khusus untuk men develop menggunakan Bahasa swift. Dan dari Xcode dan juga swift, mempunyai fitur bernama Storyboard.

Contoh Storyboard

Fitur storyboard ini sangat mempermudah dalam men develop sebuah project. Developers dapat menggunakan storyboard untuk membuat interface aplikasi mereka. Setelah developers selesai membuat tampilan design aplikasinya, hal selanjutnya adalah menyambungkan tampilan tersebut ke dalam controller untuk dibuat function dari setiap object – object yang ada di tampilan tersebut.

Contoh Controller yang telah tersambung dengan Storyboard

 Didalam controller ini, developer dapat melakukan apa saja sesuai yang dibutuhkan dari tampilan interface yang dibuat di storyboard. Seperti pada contoh, developer membuat semua rangkaian function agar tampilan yang dibuat dapat digunakan dengan baik.

Tetapi, dari kemudahan yang dibuat oleh Apple dalam mendevelop aplikasi, sistem Storyboard – Controller memiliki kelemahan, salah satunya adalah untuk men Compile dan untuk Build project masih dibilang cukup lama. Karena storyboard memakan Memory komputer yang cukup banyak. Karena itu dalam update terbaru yaitu Swift 5.0 dan Xcode 10, mereka memperkenalkan cara baru dalam men develop aplikasi. Yaitu SwiftUI. 

SwiftUI

SwiftUI adalah cara inovatif, sangat sederhana untuk membangun antarmuka pengguna di semua platform Apple dengan kekuatan Swift. Bangun antarmuka pengguna untuk perangkat Apple apa pun menggunakan hanya satu set alat dan API. Dengan sintaksis Swift deklaratif yang mudah dibaca dan alami untuk ditulis, SwiftUI bekerja secara mulus dengan alat desain Xcode baru untuk menjaga kode dan desain developer tetap sinkron dengan sempurna. Dukungan otomatis untuk Jenis Dinamis, Mode Gelap, pelokalan, dan aksesibilitas berarti baris pertama kode SwiftUI developer sudah menjadi kode UI paling kuat yang pernah developer tulis.

Contoh dari penggunaan SwiftUI

SwiftUI menggabungkan cara Storyboard – Controller ­menjadi satu. Dengan SwiftUI developer dapat membuat aplikasi real time. Yang dimana jika developer mengubah tampilan atau function akan berubah langsung, jadi untuk build time akan sangat berkurang dan developer juga bisa langsung men test apakah code nya berfungsi dengan benar atau tidak.

Referensi :
https://developer.apple.com/xcode/swiftui/

https://developer.apple.com/xcode/

Author : Mohammad Alhafidz Permana Baskoro (2001597676)
Supervised by : Hanry Ham., S.Kom., M.Eng

 


Published at :
Written By
Hanry Ham, S.Kom.,M.Eng
Concentration Content Coordinator Intteligent Systems | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close