People Innovation Excellence
 
Feature Image

Apa itu React.Js?

React JS adalah sebuah pustaka/library javascript yang bersifat open source untuk membangun User Interface yang dibuat oleh Facebook. React JS hanya mengurusi semua hal yang berkaitan dengan tampilan dan logika di sekitarnya.

React JS dapat mendesain tampilan sederhana untuk setiap level dalam aplikasi, sehingga dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan pembuatan aplikasi berbasis web. Popularitasnya dapat diukur oleh aplikasi – aplikasi yang menggunakannya seperti Facebook, WhatsApp, Netflix, Instagram, Airbnb, American Express, Dropbox, Ebay, dan ratusan penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web memanfaatkan kemampuan React JS.

Ada pula fitur yang diunggulkan oleh React JS yaitu :

  1. Declarative
    Yang dimaksud disini yaitu React dapat membuat UI(User Interfaces) yang interaktif, sehingga dapat dengan mudah membuat desain yang simple untuk di setiap state di dalam aplikasi. Declarative views dapat membuat kode lebih mudah untuk di prediksi dan lebih mudah untuk di debug.
  1. Component – Based
    Dapat membuat Encapsulated Component yang dapat mengatur setiap tahapannya, lalu dapat membuat complex UIs berdasarkan kemampuan itu.
  1. Learn Once, Write Anywhere
    Developer dapat men-develop fitur baru menggunakan react tanpa mengubah kode sebelumnya, react juga dapat bekerja menggunakan Node JS dan mobile apps menggunakan React Native. 

React JS pun menjadi pilihan oleh developer – developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dikarenakan banyaknya template – template yang sudah tersedia di internet seperti contohnya material-ui dan core-ui yang merupakan template yang saya gunakan di projek yang saya kerjakan.

Berikut merupakan contoh dari kodingan saya dalam membuat menu untuk menginput data ke dalam database, pada contoh kodingan ini saya menggunakan fitur fetching untuk menarik data serta mengirimkan data ke database. Untuk melakukan fetching saya membutuhkan root dari API yang dimiliki oleh backend, setelah memiliki parameter yang diinginkan oleh API data lalu dikirimkan ke database. Pada contoh snippet di bawah bisa diliat saya memberikan parameter yang diinginkan oleh API InsertSocmed.

Setelah proses input ini data masuk ke database, di page yang sama saya juga membuat bentuk dari form untuk meng-input data . Contoh diatas merupakan salah satu proses fetching yang saya kerjakan pada projek. Proses ini bisa dibilang mudah dimengerti dikarenakan React JS memiliki fitur export sehingga dapat memanggil function dengan mudah.

Terdapat beberapa alasan lainnya mengapa React JS menjadi pilihan dari developer:

  1. React JS mudah dipelajari dan dikuasai
    Developer perlu mempelajari dasar-dasar teknologi tersebut dan memahami fungsinya agar dapat memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia. React JS bukanlah full-featured framework tetapi merupakan JavaScript open source GUI library yang berkonsentrasi pada satu hal spesifik dan bertujuan untuk menyelesaikan tugas secara efisien.  React JS adalah V dalam pola MVC (Model-View-Controller). Setiap Developer JavaScript akan merasa mudah untuk memahami dasar-dasar React JS dan mulai mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi ini dalam hitungan hari. React JS juga menawarkan tutorial yang dapat diakses dengan mudah, dengan adanya video,tools, dan blog yang berbicara tentang React JS yang dapat menambah pengetahuan. (softwareseni, 2018)

  2. Mendukung reusability komponen
    Reusability komponen merupakan keuntungan tersendiri bagi Developer. React JS memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali komponen yang telah dikembangkan ke aplikasi lain yang menggunakan fungsi yang sama. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga, ditambah dengan kepastian bahwa komponen Anda berfungsi dengan mulus dan tanpa cacat. Keuntungan terbesar yang ditawarkan, kecepatan proyek pembuatan aplikasi meningkat dan menghemat waktu berharga para Developer serta klien. (softwareseni, 2018)

  3. Mudah dalam menulis komponen
    React JS memanfaatkan JSX, yang merupakan ekstensi sintaks optional untuk JavaScript. Menulis komponen menjadi lebih sederhana dengan JSX karena memungkinkan Anda untuk mengkombinasikan HTML dengan JavaScript. Karena jumlah aturan yang lebih sedikit, Anda dapat mendapatkan sumber yang lebih sederhana dibanding teknologi lain. JSX mungkin bukan bukan ekstensi sintaks terpopuler, tetapi JSX terbukti efisien dalam mengembangkan komponen khusus atau aplikasi bervolume tinggi. (softwareseni, 2018)

  4. Kinerja lebih baik karena Virtual DOM
    Pemutakhiran Document Object Model atau DOM sering menjadi penyebab kemacetan proyek pembuatan aplikasi berbasis web. Dengan React JS, hal ini dapat dengan mudah menghindari masalah ini berkat kehadiran DOM virtual. React JS memungkinkan Anda untuk membangun DOM virtual dan menghostingnya ke dalam memori. Manfaat dari tindakan tersebut adalah setiap kali terjadi perubahan apapun dalam DOM actual, DOM virtual berubah seketika karena terletak di memori. Karena itu, pembaruan DOM tidak dilakukan secara rutin dan kecepatan kinerja aplikasi Anda tidak terganggu oleh DOM. (softwareseni, 2018)

  5. React Native untuk Mobile App Development
    React JS dapat disebut sebagai “belajar sekali – tulis di mana saja” library, karena baik dalam pengembangan aplikasi web dan mobile, React mengikuti pola desain yang sama, memfasilitasi proses transisi. Menggunakan JavaScript polos dan React, Anda dapat membuat UI yang kaya untuk aplikasi asli, serta didukung oleh platform iOS dan Android.

Di antara keunggulan lain dari React JS dalam mobile app development, React Native menawarkan portabilitas dan kemampuan untuk reuse komponen, pemuatan ulang real-time dan arsitektur modular, open source, dan ekosistem yang baik. Ketika menggunakan React Native, kita dapat membuat daftar aplikasi mobile seperti Skype, Tesla, Airbnb, dan WalMart. Dan jangan lupa Instagram dan Facebook – inovator dan early-adopters yang sebenarnya.

Mempertimbangkan pro dan kontra React JS, dapat dengan mudah diringkas dalam tiga kata: tidak berisiko, responsif dan terdepan. Gagasan utama di balik React JS adalah: “untuk membangun aplikasi berskala besar dengan data yang selalu berubah dari waktu ke waktu” dan menangani tantangan dengan baik. React JS memberi developers kemampuan bekerja dengan browser virtual (DOM) yang jauh lebih cepat dan ramah pengguna, daripada yang asli.

Selain itu, React juga menawarkan penciptaan lebih mudah dari UI interaktif, JSX support, struktur berbasis komponen dan masih banyak lagi. Kombinasi dari faktor-faktor yang disebutkan di atas membuat React JS menjadi pilihan yang masuk akal baik untuk startup maupun perusahaan. (kompasiana, 2019)

Referensi :

  1. https://www.kompasiana.com/sonipakuningrat0420/5b5bf7d5ab12ae428b7e05b3/5-keunggulan-reactjs-yang-membuat-hidup-jadi-lebih-baik?page=1
  2. https://www.softwareseni.co.id/react-js-aplikasi-berbasis-web/

https://reactjs.org/


Published at :
Written By
Hanry Ham., S.Kom., M.Eng
Concentration Content Coordinator | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close