People Innovation Excellence
 
Feature Image

Jaringan Komputer

Network atau jaringan adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card, serta dikontrol melalui network operating system. Para user dapat saling bertukar data atau program, serta dapat menggunakan data atau program itu bersama-sama dalam waktu yang sama. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tugasnya dapat diambil alih oleh komputer lainnya.

NETWORK TERDIRI DARIPADA :-

  • SERVER/HOST
  • CLIENT/WORKSTATION/TERMINAL
  • NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
  • KABEL

Tujuan membuat network adalah untuk membagi (sharing) data dan informasi serta memakai hardware dan software secara bersamaan oleh lebih dari satu user.

Adapun cakupan dalam Network seperti
area nya seperti:
-. LAN (Local Area Network),
sebatas area kecil tertentu
-. MAN (Metropolitan Area Network),
sebatas area geografis tertentu
-. WAN (Wide Area Network),
sebatas antar kota atau negara

Tentunya juga kita memerlukan hardware, hal tersebut ada pada OSI Layer dalam Networking, sala satunya OSI Layaer pertama yaitu, Physical Layer Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan. Adapun perangkat-perangkat yang dapat dihubungkan dengan Physical layer adalah NIC (Network Interface Card) berikut dengan Kabel – kabelnya.

Internetworking adalah praktek menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan lain melalui penggunaan gateway yang menyediakan metode umum dari routing informasi paket antara jaringan.

Kita juga perlu mengenal OSI Layer Model seperti gambar disamping.

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan, OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).

Ethernet adalah protokol LAN yang memungkinkan setiap PC berlomba untuk mengakses network. Sekarang ia menjadi protokol LAN yang paling populer karena relatif murah dan mudah diinstal serta ditangani. Ethernet dibuat oleh Xerox pada 1976, Ethernet disetujui sebagai salah satu standar industri protokol LAN pada 1983.Sebuah network yang menggunakan Ethernet sebagai protokol sering disebut Ethernet network.
Fungsi Ethernet yaitu untuk mengkoneksikan komputer anda kedalam jaringan melalui media kabel UTP.
Ethernet dirancang berdasarkan topologi bus, tetapi ia bisa dikoneksikan secara star dengan memakai hub. Jika dua komputer dalam Ethernet network mengirim data bersamaan, sebuah tabrakan (collision) akan terjadi, dan komputer yang bersangkutan harus mengulang pengiriman datanya dari awal lagi. Untuk menghindari ini, jaringan Ethernet menggunakan Carrier Sense.

Ethernet adalah teknologi jaringan yang terkenal dan banyak digunakan dengan menggunakan topologi BUS. Ethernet ditemukan oleh Xerox Corporation di Palo Alto Research Center di awal tahun 1970. Digital Equipment Corporation, Intel Corporation, dan Xerox kemudian bekerja sama untuk merancang standar produksi yang secara informal disebut DIX Ethernet untuk inisial dari tiga perusahaan. IEEE sekarang mengontrol standar Ethernet.

Cara kerja Ethernet
Sebelum mengirimkan paket data, setiap node melihat juga apakah network juga sedang mengirim paket data.jika network sibuk (busy), maka node akan menunggu sampai tidak ada lagi yang akan dikirim oleh network.

Jika network sepi, barulah node itu mengirimkan paketnya. Jika pada saat yang sama terdapat 2 node yang mengirimkan data, maka terjadi collision. Jika terjadi collision ke 2 maka node akan mengirimkan sinyal jam ke network, dan semua node akan berhenti mengirimkan paket data dan kembali menunggu. Kemudian secara random node – node itu kembali menunggu dan mengirimkan data paket yang mengalami collision dan akan dikirimkan kembali pada saat ada kesempatan.

Kecepatan 10 Mb/sec semakin banyak node yang terpasang demakin kemungkinan banyak kemungkinan tabrakan.

Data link layer jaringan komputer secara teoritis merupaan lapisan ke 6 pada sebuah transmitter atau proses pengiriman data, dan merupakan lapisan ke 2 pada receiver atau penerima data dalam sistem jaringan komputer. Tugas utama dari data link layer ini adalah melakukan pengelolaan dan juga menyediakan prosedur pengiriman data di dalam sebuah jaringan komputer. Dengan demikian, nantinya data link layer akan memberikan atau meneruskan paket data menuju layer berikutnya, baik physical layer, maupun network layer.

Setiap node pada jaringan Ethernet diharapkan memiliki alamat Media Access Control (MAC) yang digunakan Ethernet untuk mengirimkan frame ke tujuan yg diinginkan. Alamat MAC biasanya disematkan ke Network Interface Cards(NIC) yang digunakan oleh system untuk dihubungkan ke jaringan.

MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Alamat MAC yang khas terlihat seperti 00-D1-57-81-C7-E1 dan dirancang untuk mengidentifikasi node secara unik pada jaringan. Namun, penyerang mungkin bisa menempa alamat MAC sistemnya untuk mencegat frame Ethernet yang ditujukan untuk orang lain

Refference :
-. https://brainly.co.id/tugas/17234937
-. http://desinilawati.blogspot.com/2013/12/apa-itu-ethernet.html
-. http://ciputas.blogspot.com/2014/11/mengenal-ethernet.html
-. https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-data-link-layer
-. https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_MAC
-. https://www.gheavshare.com/2018/03/mac-address-pada-jaringan-ethernet.html

Author : Kevin AxellinoTriantio; Michael Onggo Rahardjo; Amadeus Stanley; Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.T.,M.T
Concentration Content Coordinator – Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close