People Innovation Excellence
 
Feature Image

User Interface (UI) dan User Experiece (UX), Salah Satu Point Penting dibalik Kesuksesan Sebuah Aplikasi Mobile

Mungkin sebagian besar dari anda para pembaca sudah pernah mendengar istilah User Interface (UI) dan juga User Experience (UX). Namun, tahukah anda bahwa kedua istilah ini memiliki peranan yang saling terkait satu dengan lainnya? Useri Interface (UI) dan User Experience (UX) tanpa kita sadari memang secara langsung sangat memberikan pengaruh terhadap kenyamanan penggunaan dari suatu aplikasi mobile. Umumnya, sebelum tim developer sebuah aplikasi mobile mulai membangun aplikasi mobile, mereka harus melibatkan tim UI dan UX terlebih dahulu untuk menentukan bagaimana batasan design aplikasi mobile tersebut harus dibuat, harapannya agar para pengguna dapat dengan nyaman menggunakan aplikasi mobile tersebut. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai pengaruh visual dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu sedikit dan sekilas mengenai User Interface (UI) dan juga User Experience (UX).

Definisi User Interface (UI) dan User Experience (UX)

Sesungguhnya, antara User Interface dan juga User Experience merupakan dua hal yang memiliki focus yang berbeda namun saling terkait satu dengan lainnya. User Interface (UI) berfokus pada design antar muka berupa pemilihan warna, tata letak suatu objek konten, design logo, pemilihan font, serta typography dari sebuah aplikasi mobile yang pada intinya lebih ke hal yang bersifat sangat visual untuk mendukung tampilan dari sebuah aplikasi mobile.

Berbeda dari User Interface (UI), User Experience (UX) lebih berfokus pada hal yang sifatnya lebih ke kemudahan dalam penggunaan aplikasi dari sisi pengguna. Analogi mudahnya adalah seperti ini : Jika seorang UI designer hanya berfokus pada packaging design tampilan dari sebuah aplikasi mobile, maka seorang UX designer kan memegang focus pada aspek kemudahan penggunaan bagi para pengguna aplikasi mobile tersebut nantinya.

Walau memiliki focus yang berbeda, antara User Interface (UI) dan User Experience (UX) memiliki sebuah kesamaan yakni untuk membuat sebuah design dan rancangan aplikasi mobile yang bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna dan dengan tampilan yang menarik, sehingga pengguna tanpa perlu belajar dapat bisa langsung mengoperasikan seluruh fitur pada aplikasi mobile tersebut. Baik itu User Interface (UI) maupun User Experience (UX) keduanya memiliki orientasi yang sama, yakni berfokus pada penilaian sebagai pengguna dari aplikasi mobile.

Seberapa Penting User Interface (UI) dan User Experience (UX)?

Setelah sekilas membahas sedikit detail mengenai definisi dan perbedaan dari User Interface (UI) dan User Experience (UX), maka selanjutnya adalah pembahasan untuk mengetahui seberapa pentingnya peranan UI dan UX dalam kesuksesan sebuah aplikasi mobile. Ya, jika ditanya seberapa penting, maka jawabannya adalah sangatlah penting.

Seperti yang sudah dibahas pada segmen definisi, posisi dari UI dan UX merupakan posisi yang cukup sentral dalam design & development sebuah aplikasi mobile. Hal ini dikarenakan, baik UI dan juga UX akan langsung berkaitan dengan pengguna dari aplikasi mobile tersebut. Bahkan, seorang UI dan UX designer perlu memahami dan memposisikan dirinya menjadi pengguna aplikasi mobile yang sedang dirancangnya, hal ini diperlukan agar aplikasi yang telah di design dan develop menjadi matang dan nyaman digunakan oleh para pengguna nya.

Pada intinya, kedua bidang ini menjadi sebuah kesatuan yang menjadi salah satu point penting dibalik kesuksesan sebuah aplikasi mobile. Sebuah aplikasi mobile dengan design logo yang menarik, konten yang menarik, tapi sulit untuk digunakan, tentu pengguna tidak akan betah berlama-lama menggunakan aplikasi tersebut. Juga sebaliknya, jika sebuah aplikasi secara penggunaannya mudah dipahami, namun secara design tampilannya kaku, tidak colorful dan tidak kekinian, tentu penguna juga akan cepat meninggalkan aplikasi tersebut.


Published at :
Written By
I Gusti Gede Krisna Dewanta, S.Kom., M.TI
SCC Current Mobile Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close