People Innovation Excellence
 

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mobile Creative Design!

Apa itu Mobile Creative Design?

Mobile Creative Design adalah proses perancangan desain dari sebuah aplikasi pada platform mobile yang didasarkan pada pengembangan kreativitas, sehingga tidak hanya menghasilkan desain yang fungsional tetapi juga menarik. Mobile Creative Design berfokus pada user interface dan user experience dari aplikasi yang akan dibuat, sehingga dibutuhkan peran seorang atau sekelompok UI/UX designer untuk merancangnya.

UI/UX designer tersebut memiliki tanggung jawab untuk membuat user interface serta user experience yang baik, yaitu dengan cara membuat tampilan aplikasi menjadi lebih menarik untuk digunakan. Contohnya adalah pemberian warna yang sesuai dengan konteks aplikasi, mengatur letak elemen-elemen penting seperti tombol dan icon yang dibutuhkan pada posisi yang tepat, membuat desain yang konsisten pada setiap elemen, serta membuat aplikasi agar dapat berjalan dengan optimal.

Kenapa Mobile Creative Design itu penting?

Mobile Creative Design mengambil peranan yang sangat penting dalam suatu aplikasi. Tanpa adanya user interface yang baik, pengguna tidak akan merasa tertarik untuk menggunakan aplikasi yang kita buat, ditambah lagi karena user experience adalah salah satu kunci dari kenyamanan pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi. Dengan begitu, teknologi yang canggih perlu didukung oleh desain yang user-friendly agar dapat digunakan serta bermanfaat bagi orang banyak.

Perkembangan tren Mobile Creative Design

Sebagai salah satu poin yang menjual dari suatu aplikasi, setiap bisnis yang ada di zaman digital ini terus berinovasi untuk meningkatkan UI/UX aplikasi mereka. Di antara inovasi-inovasi yang telah terjadi, terdapat perkembangan yang bisa dibilang cukup drastis dan berpengaruh dalam dunia Mobile Creative Design. Beberapa di antaranya dapat kita lihat pada aplikasi-aplikasi besar.

Misalnya Facebook yang melakukan perubahan tema menjadi flat design di mana desain Facebook yang dulunya banyak menggunakan gradient dan drop shadow berubah menjadi desain yang lebih simpel dan menggunakan satu warna solid saja. Inovasi flat design tersebut sangat berdampak untuk membuat suatu aplikasi jauh lebih mudah untuk dipakai dan enak dilihat

Selain itu, salah satu perkembangan besar juga dapat kita lihat pada aplikasi Pinterest. Pinterest awalnya dibuat dengan desain yang simpel dan sangat menarik, namun dengan fungsionalitas aplikasi yang terbatas, yakni karena menggunakan three-column layout dan tombol-tombol yang terbatas. Hal tersebut membuat pengguna kebingungan untuk menggunakan fitur-fiturnya. Inovasi yang diberikan aplikasi Pinterest adalah untuk mengubah drastis tampilannya menjadi two-column layout, penyediaan tampilan untuk fitur yang lebih jelas, dan tema shape yang kebanyakan menjadi rounded dibandingkan persegi, sehingga tampilan lebih menarik lagi dan fungsionalitas aplikasinya meningkat.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Mobile Creative Design?

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain aplikasi secara kreatif, yakni sebagai berikut:

1. Membangun experience berorientasi tujuan
Dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan menentukan hal yang ingin dicapai oleh aplikasi tersebut, maka pengguna mampu mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam waktu singkat.

2. Membuat desain yang responsif
Desain aplikasi harus dapat beradaptasi pada layar yang memiliki ruang besar maupun kecil dengan menggunakan desain scroll vertikal, font yang jelas dibaca, dan ukuran tombol yang sesuai dengan ukuran jari.

3. Posisikan diri sebagai pengguna
Desain haruslah mudah untuk dipahami dan digunakan oleh pengguna, seperti navigasi dengan pattern universal dan ikon yang familiar. Lalu, dalam menampilkan iklan, perlu diperhatikan agar iklan tersebut tidak mengganggu aktivitas pengguna dalam aplikasi. Saat ingin mengambil data pengguna, buatlah juga form yang efisien di mana hanya menanyakan hal yang dibutuhkan saja.

4. Konsistensi adalah kuncinya
Terakhir, desain yang baik adalah desain yang konsisten baik dari segi internal (font, tombol, icon, dll) maupun eksternal (jika aplikasi tersebut memiliki website, maka desainnya harus saling memberikan kesan familiar pada pengguna).

5. Penggunaan software
Dalam merancang aplikasi mobile, kita bisa menggunakan Adobe Photoshop, Adobe XD, Figma, Sketch, dan masih banyak aplikasi desain populer lainnya.

Aplikasi mobile merupakan industri yang berkembang pesat, namun di sisi lain terdapat sejumlah kekhawatiran di mana pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi berada di bawah standar. Hal ini dapat menyebabkan pengguna meng-uninstall aplikasi tersebut dan beralih ke aplikasi sejenis yang lain. Maka dari itu, Mobile Creative Design merupakan hal yang paling penting dalam suatu aplikasi sebagai kesan pertama pengguna terhadap aplikasi tersebut.

Author : firstania, nabilla, Novika, Hanna, Karen
Supervised by : Irma Kartika W, S.Kom., M.T.I


Published at : Updated
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close