Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pembuatan Game Hungry Catto menggunakan Greenfoot. Berikut tutorialnya:

  1. Install dan buka aplikasi Greenfoot
  2. Klik Scenario lalu klik New Stride Scenario dan isi name nya.
  3. Lalu, klik kanan Actor dan buat New Subclass.
  4. Pilih category yang diinginkan dan gambar objectnya, dan beri nama classnya.
  5. Lakukan juga langkah 4 pada World dan Actor lain sampai menjadi seperti ini.

  1. Beberapa method yang ditaruh di class backyard. 734, 288,1 adalah ukuran pixel game tersebut.
  2. Set location player (cat), counter, dan point di class backyard.
  3. Masukkan BGM pada class Backyard. Gunakan playLoop untuk mengulang lagu BGM tersebut.
  4. Masukkan code untuk memunculkan ayam dan tulang yang akan jatuh secara random.
  5. Masukkan code untuk menghitung point dan warna pointnya di class Counter.
  6. Masukkan code untuk player ketika menang dan kalah.
  7. Pada class Benda, masukkan code untuk menghilangkan object ketika bersentuhan. Misalnya player dengan tulang atau ayam.
  8. Masukkan juga code ini pada class bone dan class chicken, agar point dapat berkurang atau bertambah serta menghilangkan object bone/chicken tersebut.
  9. Masukkan code pada class Cat untuk dapat menaruh method menambah point ketika makan ayam dan menggerakan player (cat).
  10. Jangan lupa untuk disave dan dipublish di Greenfoot.

 

 

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Hana Irmafiona