Gambar 1. Cover dari gim FPS Battlefield 6 (https://www.ea.com/news/battlefield-6-multiplayer-and-more-revealed)

Siapa yang tak mengenal serial gim “BATTLEFIELD”? Salah satu gim bergenre FPS (first person shooter) besutan (ehem….) Electronic Arts (EA) dan dikembangkan oleh DICE kini akan meluncurkan seri terbaru dari franchise mereka yakni “BATTLEFIELD 6” yang baru saja membuka open beta pada 9 Agustus 2025. Kali ini, “BATTLEFIELD 6” menghadirkan salah satu fitur andalan dari seri sebelumnya yakni “Portal”. Yang mengejutkan dari berita ini adalah hadirnya level editor (editor untuk membuat level) untuk mode gim “Portal” ini menggunakan game engine GODOT” yang memang dikenal sebagai game-engine yang gratis dan open source.

 

Apa itu GODOT Engine?

Godot adalah sebuah game engine yang bebas dan open-source, yang berarti siapa pun dapat menggunakannya tanpa biaya dan memodifikasi kodenya. Dikembangkan pertama kali oleh Juan Linietsky dan Ariel Manzur, Godot memiliki keunggulan unik yang membedakannya dari game engine komersial seperti Unity atau Unreal Engine. Salah satu daya tarik utamanya adalah sifatnya yang open-source, yang memungkinkan komunitas pengembang untuk secara bebas berpartisipasi dalam pengembangan fitur-fitur baru, memperbaiki bug, dan mengadaptasi mesin ini sesuai kebutuhan mereka.

Sifat open-source ini memberikan Godot fleksibilitas yang luar biasa. Tidak ada batasan lisensi yang mengharuskan pengguna membayar royalti atau biaya langganan, sehingga ideal bagi pengembang independen, tim kecil, atau bahkan pelajar yang ingin bereksperimen. Selain itu, Godot dikenal karena ukurannya yang ringan dan cepat. Mesin ini dapat diunduh dan dijalankan dengan mudah tanpa memerlukan spesifikasi perangkat keras yang tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi pengembang di berbagai platform.

 

BATTLEFIELD 6 pakai GODOT?

Pengembangan game Battlefield 6 saat ini masih menggunakan mesin game andalan EA, Frostbite. Mesin ini telah menjadi tulang punggung seri franchise Battlefield sejak Battlefield: Bad Company dirilis pada tahun 2008. Frostbite dikenal karena kemampuannya dalam menciptakan grafik yang memukau dan efek kehancuran lingkungan yang realistis dalam skala besar, menjadikannya pilihan yang ideal untuk pengalaman inti Battlefield.

Namun, dalam sebuah pengumuman mengejutkan yang muncul di trailer Battlefield 6, terungkap bahwa Godot Engine memiliki peran penting, tetapi tidak untuk game utamanya. Godot digunakan sebagai fondasi untuk Level Editor dari mode permainan Portal. Mode Portal sendiri adalah platform yang memungkinkan para pemain untuk membuat, membagikan, dan bermain custom game mode mereka sendiri.

Gambar 2. Cuplikan adegan dari trailer Battlefield 6 (3:06) dilansir dari YouTube

Dalam trailer tersebut, terlihat bagaimana Battlefield Studios memamerkan editor level yang intuitif. Hal ini menunjukkan komitmen DICE untuk memberikan para pemain kebebasan yang lebih besar dalam berkarya. Dengan menggunakan Godot, studio dapat menyediakan alat yang lebih fleksibel dan kuat daripada editor sederhana berbasis web. Pemain kini bisa membuat pengalaman unik yang melampaui aturan dasar Battlefield, seperti menambahkan objek baru, membuat UI khusus, dan bahkan menulis skrip sendiri untuk menciptakan game mode yang sepenuhnya berbeda.

Gambar 3. Cuplikan adegan dari trailer Battlefield 6 (3:28) dilansir dari YouTube

Seputar BATTLEFIELD 6 Portal

Gambar 4. Tangkapan layar dari mode permainan “Portal” dari gim Battlefield 6 (https://www.ea.com/games/battlefield/battlefield-6/news/pc-portal-experience)

Game mod portal sendiri merupakan aplikasi kreatif di mana pemain dapat menentukan ulang dan membuat sendiri alur perang sesuai dengan selera pemain. Pada seri ini, “Portal” kini lebih canggih dan lebih mulus dari seri sebelumnya. Hal ini memberikan kesempatan untuk para pemain untuk lebih berkreasi lebih lagi untuk menciptakan konten yang lebih menarik yang dapat disebut sebagai pengalaman komunitas

Kesimpulan

Penggunaan Godot oleh studio game sebesar DICE adalah pengakuan besar terhadap kualitas dan kapabilitas mesin open-source ini. Ini juga menunjukkan bahwa tim pengembang melihat nilai dari memanfaatkan alat yang sudah ada dan terbukti, daripada harus membangun semuanya dari nol. Keputusan ini tidak hanya menguntungkan DICE, tetapi juga memberikan paparan yang masif bagi Godot di mata jutaan pemain, yang berpotensi menarik lebih banyak pengembang baru ke dalam ekosistem open-source. Ini adalah sinyal bahwa Godot telah mencapai tingkat kematangan dan kepercayaan yang diperlukan untuk mendukung proyek besar dan ambisius.

Kalian dapat menonton trailer dari Battlefield 6 dapat diakses dari link berikut: Battlefield 6 Maps, Modes & Portal

 

Penulis

Daniel Kevin Jhon Feko Wahyudi, S.Kom – FDP Scholar

 

Referensi

Electronic Arts. (2025, 31 Juli). Battlefield 6’s Multiplayer and More Revealed. Diakses 4 September 2025, dari https://www.ea.com/news/battlefield-6-multiplayer-and-more-revealed

GameFromScratch. (2025, 4 Agustus). Battlefield 6 Using Godot Game Engine. Diakses 4 September 2025, dari https://gamefromscratch.com/battlefield-6-using-godot-game-engine/

Rutherford, A. (2025, 1 Agustus). Updated Portal Map Editor in Battlefield 6 runs on Godot Engine. Diakses 8 September 2025, dari https://80.lv/articles/updated-portal-map-editor-in-battlefield-6-runs-on-godot-engine

GameFromScratch. (2025, 4 Agustus). Battlefield 6 Using… Godot??? [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=a3YoyID78NM