PERANGKAT AJAR RAMBU-RAMBU LALU LINTAS

Oleh :  Davin Stevanus, Imanuel Magie Pasaka, Jan Michael Prasetyo dan Elidjen

Penelitian ini bertujuan untuk membantu memudahkan anak-anak mengerti akan rambu-rambu lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis dan metode perancangan sistem multimedia. Metode analisis yang digunakan yaitu studi pustaka, kuesioner, dan analisis aplikasi sejenis. Metode perancangan yang digunakan dalam skripsi ini metode scrum. Analisis kebutuhan pengguna dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada murid-murid kelas 4 SD Ricci 2 Analisis menunjukan bahwa 60% dari 104 siswa kelas 4 SD Ricci 2 kurang mengerti akan rambu-rambu lalu lintas dan 53% dari siswa kesulitan mempelajari rambu-rambu lalu lintas. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi pengguna, evaluasi user interface menggunakan 8 golden rules, dan evaluasi multimedia. Kesimpulan diperoleh bahwa Perangkat Ajar Rambu-Rambu Lalu Lintas memudahkan anak-anak mengerti tentang rambu-rambu lalu lintas, dan anak-anak menyukai Perangkat Ajar Rambu-Rambu Lalu Lintas.

 Kata Kunci : Multimedia, Perangkat Ajar, Rambu-rambu lalu lintas, Penelitian, Perancangan, Scrum, User Interface.