PENINGKATAN EFEKTIVITAS PADA SYSTEM REQUEST DARI PEGAWAI KE HUMAN RESOURCE DIVISION PT ERAJAYA SWASEMBADA

Oleh ; Azman Febrianto, Sonya Rapinta Manalu

Menerima permintaan dari pegawai merupakan hal yang biasa di HR, mulai dari request ID card, email, dan berbagai jenis surat. Permintaan biasa dilakukan dengan mengirim email, mendatangi langsung divisi HR atau melalui panggilan telepon. Lalu HR akan menanggapi permintaan maksimal 2×24 jam.

Di HR sendiri membuat surat sesuai permintaan masih di lakukan manual sehingga ada saat dimana permintaan surat melebihi dari yang bisa ditangani staff di divisi HR dan terjadi keterlambatan dalam memenuhi permintaan. Staff HR akan melihat data yang diberikan dan meng-input secara manual data-data tersebut ke template surat yang sudah ada.

Email yang diterima oleh staff HR pun terbatas, sehingga ada saat dimana pegawai tidak bisa mengirimkan permintaan melalui email karena jumlah email yang masuk pada staff HR sudah penuh.

Data yang dibutuhkan untuk melakukan permintaan tidak selalu sama, harus sesuai dengan permintaannya. Bagi perusahaan besar seperti PT Erajaya Swasembada yang memiliki 6000-an pegawai dari seluruh Indonesia, peningkatan efektivitas pengelolaan sistem yang terlibat langsung antara divisi HR dan pegawai sangat diperlukan, salah satunya sistem pengelolaan permintaan atau system request.