Class and Object : Object Oriented Programming using C++
Tujuan utama dari pemrograman C++ ialah untuk menambahkan orientasi objek pada bahasa pemrograman C dan kelas-kelas yang dijadikan sebagai fitur dari C++ yang mendukung pemrograman berorientasi objek dan sering juga dikenal sebagai user-defined type.
Pengenalan Class
Class merupakan blueprint (cetak biru) untuk menciptakan suatu instance dari objek dimana terdiri dari sekumpulan objek dengan kemiripan data / properties / attributes, fungsi / behavior / method dan relasi ke objek lain. Permograman C++ memungkinkan pembuatan class lebih dari 1. Ketika data dan fungsi yang terkait disimpan di dalam sebuah class mampu membantu mem-visualisasikan permasalahan yang kompleks dengan efisien dan efektif.
Contoh: ClassMahasiswa, ClassDosen, Class Flowers.
Berdasarkan Gambar diatas, data dan fungsi yang berada di dalam sebuah class disebut sebagai anggota dari suatu class. Data pada suatu class digunakan untuk memegang informasi yang ada pada class tersebut, sedangkan fungsi digunakan sebagai behavior dari class tersebut.
Untuk pembuatan sebuah class, dimulai dengan kata kunci class dan diikuti dengan nama kelasnya, dibuka dengan{, isidariclass, ditutupdengan};. Berikut adalah sintaks pembuatan class:
Contoh:
Seperti yang telah disebutkan di atas, pendefinisian suatu kelas dimulai dengan kata kunci class dan diikuti dengan nama kelas Box dalam kasus ini. Isi dari suatu kelas ditandai dengan { dan diakhiri dengan } diikuti;. Kata kunci public pada contoh di atas menentukan cara pengaksesan anggota kelas. Anggota kelas public dapat diakses di kelas manapun.Terdapat beberapa jenis pengaksesan anggota kelas lainnya (access specifier) yang akan dibahas pada bab Encapsulation.
Member Class
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa data dan fungsi di dalam suatu class disebut dengan anggota suatu class.Perhatikan contoh berikut ini:
Berdasarkan contoh di atas, length, breadth dan height merupakan data member dari class Box; sedangkan print merupakan function member (member fungsi) dariclassBox.
PengenalanObjek
Jika class menyediakan blueprint untuk membuat objek, maka, secara dasarnya, objek dibentuk dari suatu class. Pada intinya, objek adalah suatu kumpulan yang memiliki atribut dan metode yang sama (instance dari class). Dalam konteks variabel, suatu class dapat dianggap sebagai tipe data, dan objek sebagai variablenya.
Contoh: Dari class Flowers dapat dihasilkan objek Rose, Orchid, SunFlower, dsb.
Sintaks untuk membuat sebuah objek ialah:
Berdasarkan contoh kelas Box di atas, maka objeknya ialah:
Berdasarkan contoh di atas, terdapat dua buah objek yang berasal dari kelas Box, yaitu obj1 dan obj2.
Mengakses Data Member dan Function Member
Datamember dan memberfunction (anggota data dan fungsi) dapat diakses dengan menggunakan operator (.). Secara umum, sintaks untuk mengakses datamember ataupun functionmember ialah:
Berikut merupakan contoh keseluruhan penggalan kode yang telah dibahas:
Hasilnyaialah: