Gambar 1. Destruction system dari game demo “The Matrix” (https://www.unrealengine.com/en-US/tech-blog/chaos-scene-queries-and-rigid-body-engine-in-ue5)

Apakah Kalian tahu game “Black Myth Wukong (2024)” yang sempat menjadi trending topic di tahun 2024? Tahukah kalian kalau “Black Myth Wukong (2024)” dibuat dengan menggunakan Unreal Engine 5 sebagai “game-engine” (Aplikasi untuk merender dan mengcompile game) mereka? Unreal Engine adalah sebuah “game-engine” besutan dari Epic Games yang dapat digunakan untuk membuat game. Kali ini kita akan membahas salah satu fitur yang digunakan dalam game ini yaitu Chaos Physics.

 

Chaos Physics

Chaos Physics adalah solusi simulasi fisika sederhana yang dikembangkan untuk menjawab keperluan next-gen-game (gim era peralihan transisi console PS4 ke PS5). Chaos Physics sendiri dikembangkan oleh Epic Games dan dipublikasikan pada Game Development Conference (GDC) di tahun 2019 dan menjadi pengganti untuk fitur PhysX. Chaos Physics pun menjadi salah satu fitur di Unreal Engine versi 4.23.

Destruction (Penghancuran)

Gambar 2. Kiri: screenshot obyek sebelum dihancurkan, kanan: screenshot obyek setelah dihancurkan

Sistem chaos destruction adalah fitur dari Unreal Engine yang berfungsi untuk mensimulasikan bangunan maupun benda padat yang dapat dihancurkan. Benda padat yang dihancurkan pun juga mensimulasikan hukum fisika khususnya tumbukan.

Networked physics (Fisika Jaringan)

Networking-physics adalah bagian dari networking framework dan menerapkan simulasi fisika yang dapat bekerja dalam lingkungan multi-pemain. Dalam Unreal Engine, replikasi mengacu pada actor (game object) yang memiliki gerakan yang mereplikasi simulasi fisika. Simulasi fisika ini berjalan pada local client (perangkat dari player) selama permainan.

Chaos Visual Debugger (CVD) (Alat Rekayasa Visual)

Chaos Visual Debugger(CVD) adalah alat untuk mensimulasikan kerusakan visual pada chaos physics. Sistem ini menyediakan tampilan grafis dari hasil simulasi fisika yang dijalankan di dalam Unreal Engine.

Rigid Body Dynamics (Dinamika Benda Padat)

Gambar 3. Screenshot rigid body dynamics

Rigid Body Dynamics adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Chaos physics untuk mensimulasikan hukum-hukum fisika seperti tumbukan, peredaman dan juga gaya gesek. fitur ini juga tersedia untuk networked physics dan dapat disimulasikan secara asynchronous.

 

Rigid Body Animation Nodes dan Physical Animation (animasi benda padat dan animasi fisika)

Gambar 4. Physics asset editor di dalam Unreal Engine (https://dev.epicgames.com/documentation/en-us/unreal-engine/physics-asset-editor-in-unreal-engine)

Chaos Physics menyediakan Rigid Body Animation Nodes dan Physical Animation untuk karakter dan di-render secara real-time (langsung). Sistem ini menggunakan physical asset editor (editor untuk aset-aset fisika) yang akan digunakan untuk memasangkan sifat-sifat benda padat kepada karakter melalui skeletal-mesh (object bertulang seperti makhluk hidup) yang nantinya dapat disimulasikan bersamaan dengan animasi karakter yang ada. Hasilnya adalah, pergerakan tubuh yang lebih natural daripada animasi pada umumnya.

 

Cloth Physics and Machine Learning Cloth Simulation (Simulasi kain)

Chaos cloth menyediakan simulasi dari pergerakan kain untuk game. Sistem ini pun hadir dengan kontrol pengguna yang luas bersamaan dengan reaksi fisika seperti adanya hembusan angin. Chaos cloth juga hadir dengan sistem animasi yang dimana kain akan mengikuti pergerakan animasi dari skeletal-mesh.

Ragdoll physics (Fisika manekin)

Chaos physics pun hadir dengan ragdoll physics yang dimana sistem ini mensimulasikan bagaimana object skeletal-mesh dianimasikan. Pada umumnya, sistem ini digunakan untuk mensimulasikan karakter berbentuk humanoid jatuh dari ketinggian.

Vehicle (kendaraan)

Sistem ini menyimulasikan bagaimana sebuah komponen dari kendaraan bekerja. Chaos vehicle ini juga sangat fleksibel dimana sistem ini dapat mensimulasikan pergerakan roda yang banyak sesuai dengan keinginan dari pengembang. Chaos vehicle ini juga dapat mensimulasikan fisika yang kompleks untuk kendaraan. Sistem ini dapat mensimulasikan gaya tekan ke bawah maupun gaya angkat di bagian yang spesifik seperti pada sayap untuk pesawat dan pada spoiler dan sasis dari kendaraan bermotor.

Physics Field (Medan Fisika)

Physics field ini menyediakan tool untuk sistem yang memberikan pengaruh langsung terhadap chaos physics dimana hukum fisika akan disimulasikan pada daerah tertentu. Sistem seringkali digunakan untuk memberikan gaya pada benda padat, maupun untuk menghancurkan benda pada chaos destruction.

Fluid simulation (Simulasi Cairan)

Unreal Engine 5 telah menyertakan fitur ini untuk simulasi cairan dalam rupa 3D maupun 2D. Sistem ini seringkali digunakan mensimulasikan efek yang realistis dari pergerakan api, asap, awan, sungai, cipratan dan juga ombak yang melakukan pengikisan pantai.

Hair Physics (Fisika Rambut)

Dengan menggunakan strand-based-workflow (Kerangka kerja berbasis helai), hair physics dapat melakukan render dan mensimulasikan rambut secara realistis. Rambut yang ada dapat disimulasikan berdasarkan reaksi dari hukum fisika seperti gravitasi, angin, dan akibat dari gaya lainnya.

Flesh Simulation (Simulasi benda lunak)

Tidak seperti benda padat, benda lunak dapat berubah bentuk bila diberikan gaya. Flesh simulation menyediakan simulasi perubahan bentuk dari benda lunak. Sistem ini juga dapat mensimulasikan pergerakan dan perubahan bentuk dari otot yang dimiliki oleh sebuah karakter.

 

Kesimpulan

Chaos physics merupakan fitur yang disediakan oleh Epic Games untuk membantu mensimulasikan hukum fisika. Fitur-fitur yang dihadirkan pun sangat membantu desainer gim untuk membuat prototipe dari gim mereka. Namun perlu diingat untuk menggunakan fitur ini secara bijak dan ingat selalu untuk mengoptimalisasi gim yang sedang dikembangkan.

 

Penulis

Daniel Kevin Jhon Feko Wahyudi, S.Kom – FDP Scholar

 

Referensi

Epic Games. (2025). Hair physics overview. Diakses 4 September 2025, dari https://dev.epicgames.com/documentation/en-us/unreal-engine/hair-physics-in-unreal-engine—overview

Epic Games. (2025). Physics in Unreal Engine. Diakses 3 September 2025, dari https://dev.epicgames.com/documentation/en-us/unreal-engine/physics-in-unreal-engine