NPC Jadi ‘Pengemudi Pintar’: Paten Rahasia Take-Two Bisa Ubah Cara GTA VI Mengisi Kota
Gambar 1. Screenshot game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Take-Two Interactive memegang paten US11684855 berjudul “System and Method for Virtual Navigation in a Gaming Environment”, dipublikasikan pada 27 Juni 2023. Paten ini menjelaskan pendekatan baru dalam navigasi dunia virtual yang bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam mengkalkulasi rute di game open-world. Teknologi ini menggabungkan graf kasar yang merupakan representasi jaringan lalu lintas dan dikombinasikan dengan graf yang mendetail untuk menghasilkan navigasi yang lebih cepat namun tetap akurat.
Permasalahan Sistem Navigasi lama
Dalam dunia game modern, NPC dan kendaraan biasanya bergerak berdasarkan low-level road network graph yang dapat disederhanakan sebagai peta jalan super detail berisi ribuan hingga puluhan ribu simpul. Semakin luas dunia game, semakin besar pula beban komputasi. Konsekuensi dari menggunakan sistem seperti ini di antaranya kalkulasi pathfinding untuk jarak yang jauh menjadi lebih lambat. Akibatnya memori yang dibutuhkan membengkak dan mengharuskan menyederhanakan simulasi kendaraan dan NPC. Dan pada akhirnya menyebabkan dunia menjadi kurang hidup. Hal-hal inilah yang menjadi bottleneck yang selama bertahun-tahun membatasi evolusi AI NPC dalam game open-world.
Solusi Coarse Graph dari Take-Two dan Rockstar
Paten US11684855B2 memperkenalkan coarse graph yang dapat merepresentasikan peta jalanan yang berskala besar namun dengan simpul lebih sedikit. Dokumen paten ini menekankan bahwa “The coarse graph 200 graph can compress these similar nodes and junctions and can be used for long distance pathfinding” yang disimpulkan coarse-graph ini dibangun dengan memilih simpul-simpul kunci dari low level graph, khususnya simpul percabangan (graph forks) yang memiliki dua atau lebih hubungan ke simpul lain. Dengan hanya mempertahankan persimpangan penting dan menghilangkan detail-detail ruas jalan yang tidak perlu, coarse graph (200) menjadi versi high level dari jaringan lalu-lintas yang jauh lebih sederhana dan jauh lebih ringan untuk diproses.

Gambar 2. Coarse Graph (US11684855)
Struktur yang terkompresi ini memungkinkan sistem path finding akan melakukan long distance pathfinding melalui graf yang kecil dan efisien. Hal ini akan dilakukan sebelum hasilnya diterjemahkan kembali ke dalam bentuk graf detail untuk mengeksekusi navigasi secara presisi di jaringan jalanan kota nantinya. Pendekatan dua lapis ini membuat navigasi dapat berjalan lebih cepat dibandingkan pencarian langsung pada low-level graph, sehingga NPC dan kendaraan dapat membuat keputusan rute secara lebih cepat dan cerdas tanpa membebani kinerja CPU.
Kemungkinan Penerapannya pada GTA VI
Jika teknologi ini diterapkan pada GTA VI, dampaknya akan menjadi sangat signifikan terhadap bagaimana NPC menghadirkan kehidupan di kota. NPC pengemudi dapat mengambil rute terbaik berdasarkan kondisi sekitar, bukan lagi mengikuti jalur skrip yang statis. Dengan navigasi yang jauh lebih efisien, NPC dapat merespons kemacetan, kecelakaan, atau gangguan yang dibuat pemain dengan perilaku yang semakin natural. Polisi game bahkan dapat merencanakan taktik pengejaran yang lebih cerdas, memanfaatkan jalur alternatif dan membuat keputusan cepat berdasarkan konteks. Pada skala kota, dunia game tidak lagi terasa statis: kendaraan, kerumunan, dan warga kota bisa bergerak lebih bebas dan adaptif, menghasilkan ekosistem urban digital yang lebih imersif dan tidak mudah ditebak.

Gambar 3. Screenshot game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Kesimpulan
Pada akhirnya, paten US11684855 bukan sekadar peningkatan teknis biasa, melainkan menjadi fondasi arah baru bagi game open-world generasi berikutnya. Dengan memadukan coarse graph untuk efisiensi dan low-level graph untuk akurasi, Rockstar berpotensi menghadirkan NPC yang lebih responsif, realistis, dan cerdas daripada sebelumnya. Jika benar digunakan dalam GTA VI, dunia dalam game tersebut tidak hanya menjadi lebih besar melainkan dapat juga menjadi lebih hidup, dengan NPC yang benar-benar mampu berperan sebagai “pengemudi pintar” dan warga kota yang terasa menjadi lebih nyata.
Penulis
Daniel Kevin Jhon Feko Wahyudi, S.Kom – FDP Scholar
Reference
Take-Two Interactive Software, Inc. (2023, June 27). System and method for virtual navigation in a gaming environment (U.S. Patent No. US11684855B2). United States Patent and Trademark Office. https://patents.google.com/patent/US11684855B2/en
Verdict. (2023, December 5). Take-Two Interactive Software: recent grants – US 11,684,855 B2, 27 June 2023. Verdict Media.
https://www.verdict.co.uk/data-insights/take-two-interactive-software-gets-grant-for-automated-generation-of-custom-game-content-based-on-player-behavior/
Icy-Veins. (2025, May 19). GTA VI Top Ten Patents Owned by Take-Two! Icy-Veins.
https://www.icy-veins.com/other-games/news/gta-vi-top-ten-patents-owned-by-take-two/
WCCFTech. (2025, May 22). Grand Theft Auto VI Patents Recap Highlights How the Game Could Revolutionize Open-World Titles Forever. WCCFTech.
https://wccftech.com/grand-theft-auto-vi-patents-revolutionize-open-world-forever/
LADbible. (2025, April 16). New GTA 6 features revealed after Take-Two patent unearthed. LADbible.
https://www.ladbible.com/entertainment/gaming/gta-6-features-take-two-patent-162818-20250415
Comments :