People Innovation Excellence

BEARSNOOP

Saya, Anton Junaidi mahasiswa semester 6 Jurusan Teknik Informatika, Binus University. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas project yang bernama BEARSNOOP. Project ini dimulai sejak semester 1 pada bulan December tahun 2009.

BEARSNOOP adalah sebuah sebuah jejaring sosial seperti layaknya Facebook dan Twitter. BEARSNOOP memiliki fitur untuk share layanan multimedia seperti photo, audio dan video dari berbagai link yang ada.

Tujuan dari pembuatan project ini yaitu untuk mengisi waktu luang, meningkatkan skill programming, ingin berkarya dan menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran saya, serta belajar membuat sebuah startup.

Arsitektur dalam project ini terbagi ke dalam 2 tahap yaitu :

Tahap 1

Arsitektur yang digunakan dalam project ini adalah PHP, MYSQL, jQuery, dan sebuah web hosting CPANEL [LINUX]. Preview pada tahap ini dapat dilihat pada link berikut : http://bearsnoop.com/bearsnoop.

Tahap 2

Tahap ini dimulai pada pertengahan tahun 2011.

Arsiktektur yang dipakai adalah

a. Hardware : 1 web server

Web server ini dibeli dengan penghasilan saya sendiri pada pertengahan tahun 2011. Saya yakin dengan menginvestasikan sebuah web server, maka dapat lebih mudah untuk di-customize.

b. Platform / Software:

  • PHP-FPM =  sebuah manajer proses PHP yang menerapkan protokol FastCGI.  PHP-FPM merupakan solusi yang lebih ringan dibandingkan menggunakan solusi tradisional Apache + modul PHP. PHP-FPM biasanya dipadukan dengan NGINX agar proses tidak besar.
  • MYSQL = DBMS / database management system
  • NGINX =  server HTTP dan reverse proxy gratis berbasis open-source berkemampuan tinggi. Nginx sama seperti Apache, tapi memiliki keunggulan seperti: performanya yang tinggi, stabil, memiliki banyak fitur, mudah dikonfigurasi, dan menggunakan sedikit sumber daya pada server.
  • jQuery = Javascript framework library, digunakan untuk proses ajax, manipulasi DOM, dan animasi.
  • Centos6 = sistem operasi di dalam server.
  • Memcached for a caching layer = software ini banyak di gunakan oleh Perusahaan besar seperti Facebook, Twitter, Tiket.com, dan lain lain. Memcached adalah semacam hash atau array asosiasi yang dapat menyimpan data berupa string, integer atau bahkan object. Data hash ini disimpan di dalam memori komputer (RAM) hingga sangat cepat untuk diakses.
  • Squid in reverse-proxy for html and images = sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web
  • jQuery templating = template yang berisi markup dengan ekspresi mengikat. Template diterapkan pada objek data atau array, dan diberikan ke dalam DOM HTML.
  • Varnish dan accelerator = sebuah aplikasi server yang berfungsi sebagai akselerator web dari segi performa dan fleksibilitas. Prinsip kerjanya dengan menyimpan halaman web di memori, sehingga web server tak perlu membuat/memuat halaman web terus-terusan, web server hanya akan membuat/memuat laman lagi jika terjadi perubahan pada halaman yang dimaksud.
  • Codeigniter = sebuah framework PHP yang memudahkan dalam mendevelop sebuah aplikasi web.
  • CSS3 + Media Query = untuk memodifikasi style digunakan CSS3 dan CSS Media Query untuk tampilan di Mobile Phone khususnya iPhone dan Android.
  • Twitter bootstrap = css framework yang membantu / mempermudah dalam mengatur posisi tata letak dan komposisi elemen lainnya seperti button.

BERSHOOP

Pada tahap 2 masih dalam tahap development/pengembangan. Preview pada tahap ini dapat dilihat pada link berikut : http://sibro.bearsnoop.com/ dan http://sibro.bearsnoop.com/profile/snoopy/ Link tersebut dapat dibuka di Mobile Phone berbasis platform iOSdan Android.

SiBro

Dinamakan SiBro, karena merupakan nama Codename dari project yang dibuat.

Finally, ini lah project yang saya kerjakan saat mengisi waktu luang. Mengisi waktu luang dengan hal-hal yang berguna dapat meningkatkan kemampuan kita. Hingga sekarang, saya masih terus belajar dan belajar. Untuk project berikutnya di tunggu ya, pasti lebih “hot” dari BEARSNOOP.

Teruslah berkarya, Keep The Spirit High AND Nothing to LOSE.

Penulis : Anton Junaidy

Email : anton@tiket.com


Published at :
Leave Your Footprint
  1. Mantep webnya sibro… Anton…
    Sukses, keep high spirit. Keep better idea to change the world.

  2. Wogh mantap sekali bro..
    Andai ada banyak mahasiswa binus yg isi waktu dengan asah ilmu kaya Anda, pasti masa depan Indonesia, pd umumnya, dan lulusan binus, pada khususnya, makin cerah.
    Terus berkarya sibro..

  3. kereeennnn…
    lanjutkan ton

  4. Mantap nih Sibro… Wkkkk uniq Name … Di tunggu project selanjutnya… Wkk.. Thumbup 🙂

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close