People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN KURIKULUM PERKULIAHAN UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Oleh :  Adythia Sjamsuri, Gita Kartika Sari P., Tommy Andreas, Jurike V. Moniaga

Binus University memiliki banyak sistem yang mendukung kegiatan perkuliahannya, salah satunya adalah sistem yang mengatur proses penyusunan kurikulum yang berperan penting sebagai program pendidikan yang nantinya akan menentukan kualitas lulusannya. Karena terjadinya perubahan terhadap konsep pendistribusian mata kuliah yang dilakukan oleh pihak Binus University, maka dibutuhkan aplikasi yang dapat mendukung perubahan tersebut. Aplikasi pengelolaan kurikulum dikembangkan berbasis web dikarenakan aplikasi yang sebelumnya berbasis desktop dimana terdapat beberapa kekurangan diantaranya kurang user friendly dan terkesan kaku dalam penggunaannya. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sistem kurikulum perkuliahan Universitas Bina Nusantara dimana konsepnya mulai berkembang berdasarkan kebijakan dari pihak universitas. Dalam proses pembuatan aplikasi pengelolaan kurikulum, metode penelitian yang digunakan mencakup metode analisis dan metode perancangan. Adapun metode analisis didapat dengan mengumpulkan data-data hasil wawancara dan studi literatur, sedangkan metode perancangan yang digunakan adalah Waterfall. Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi pengelolaan kurikulum perkuliahan berbasis web yang didukung dengan fitur penjadwalan, pendataan kelompok rumpun ilmu, rumpun ilmu, mata kuliah, peminatan, dan pembuatan serta pengesahan visi misi untuk Program Studi. Simpulan yang dapat diambil adalah aplikasi pengelolaan kurikulum ini merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sistem perkuliahan di Universitas Bina Nusantara. Selain itu terdapat fitur penjadwalan penyusunan kurikulum dan fitur untuk mencetak dokumen kurikulum dalam format word document.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close