People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI OPTIMASI PEMOTONGAN BAJA DENGAN METODE FIRST FIT DECREASING PADA PT. BINTANG MAS CEMERLANG

Oleh :  Bagus Wahyudi, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali

PT. Bintang Mas Cemerlang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perakitan konstruksi baja, produk dari perusahaan ini terutama menara pemancar sinyal. Dalam proses perakitan bahan baku dipesan dari pabrik peleburan baja dengan ukuran    6 meter dan 12 meter, untuk kemudian dipotong menjadi ukuran lebih kecil sesuai dengan kebutuhan.

Masalah yang dihadapi oleh PT. Bintang Mas Cemerlang ini ialah banyaknya waste (besi yang terbuang)dalam proses perakitan, disebabkan oleh proses pemotongan besi secara manual. Hal ini berpengaruh terhadap biaya produksi karena membeli bahan baku berlebih. Karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang menghasilkan pola pemotongan besi yang optimal dengan nilai waste serendah mungkin. Permasalahan ini tergolong ke dalam permasalahan one dimensional bin packing.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis permasalahan yang ada, kemudian merancang sebuah program aplikasi optimasi pemotongan baja. Perancangan program ini menggunakan algoritma First Fit Decreasing, salah satu algoritma untuk penyelesaian masalah one dimensional bin packing.

Hasil yang dicapai adalah sebuah program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, di mana solusi yang dihasilkan sudah bisa dikatakan optimal. Program aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Program aplikasi yang dihasilkan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan untuk mengurangi waste dalam proses perakitan sehingga dapat membeli bahan baku dengan jumlah yang optimal dan menekan ongkos produksi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close