People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN INTERNET HOTSPOT DAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN ROUTER YANG BERBASIS MIKROTIK DI SMA PRAMITA

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN INTERNET HOTSPOT DAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN ROUTER YANG BERBASIS MIKROTIK DI SMA PRAMITA

Oleh :  Lutfi Agus Karmono, Ricko Putra Pratama dan Bayu Kanigoro

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan topologi jaringan yang baru untuk fasilitas internet hotspot dan manajemen bandwidth serta pembatasan hak akses menggunakan router yang berbasis Mikrotik di SMA Pramita. Metode yang digunakan di dalam perancangan dan implementasi ini meliputi analisis dengan wawancara ke pihak sekolah dan survey langsung untuk mendapatkan beberapa informasi dan data tentang topologi jaringan yang saat ini sedang berjalan serta Studi pustaka untuk mencari dan mempelajari berbagai informasi dan materi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Kemudian metode perancangan (design) yang dibuat sebagai gambaran awal untuk sebuah rancangan jaringan internet hotspot yang akan dibangun di SMA Pramita serta metode implementasi dan testing dengan menerapkan langsung hasil perancangan dan melakukan pengujian (testing) terhadap hasil dari penerapan tersebut. Hasil yang ingin dicapai di dalam perancangan dan implementasi ini adalah untuk memaksimalkan fasilitas internet hotspot yang telah disediakan oleh sekolah untuk para murid dan guru dengan membatasi penggunaan bandwidth dan hak akses untuk setiap user. Simpulan penelitian ini adalah dengan digunakan router Mikrotik, maka penggunaan fasilitas internet hotspot untuk setiap user lebih teratur dan terkontrol untuk batas pemakaian dan hak akses internet di lingkungan sekolah.

 Kata Kunci: Hak Akses, Internet hotspot, Manajemen Bandwidth, Mikrotik.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close