People Innovation Excellence

PERANCANGAN SISTEM KONTROL LISTRIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO ETHERNET SHIELD

PERANCANGAN SISTEM KONTROL LISTRIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO ETHERNET SHIELD

Oleh :  Hafizh Fiisabilillah, Cipta Alif Mahardhika, Khoirul Iman Pranadi dan Alfonsus Bram Radityo Nugroho

Di era kemajuan teknologi saat ini menuntut berbanding lurus dengan tingkat kesibukan masyarakat modern yang sangat tinggi karena itu kebutuhan akan mobilitas juga sangat penting. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu dirancang alat untuk mengontrol sistem listrik yang berbasis mikrokontroler dan merancang aplikasi Android sebagai media perantara komunikasi user dengan alat mikrokontroler. Sistem kontrol listrik ini bermanfaat bagi user untuk memudahkan user dalam mengendalikan alat-alat listrik di rumah secara otomatis melalui aplikasi smartphone tanpa harus menekan stop kontak yang berada di rumah dan dapat memudahkan user memonitoring biaya pemakaian listrik. Pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall incremental. Sistem ini dapat berjalan mengontrol listrik tanpa menggunakan server, tetapi menggunakan socket sebagai penggantinya. Aplikasi android pada sistem ini diberi nama AppCE (Application of Controling Electric). Aplikasi pada sistem ini terkoneksi dengan mikrokontroler melalui jaringan internet. Aplikasi hanya dapat berjalan di smartphone Android karena lebih umum digunakan oleh user. Mikrokontroler hanya dapat menggunakan tipe IP Public yang bersifat Static.

Kata Kunci : Sistem kontrol, Listrik, Arduino, Ethernet Shield.

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close