People Innovation Excellence

ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN BANDWIDTH MANAGEMENT MENGGUNAKAN MIKROTIK PADA PT. SURYA AGUNG PUTRA JAYA

ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN BANDWIDTH MANAGEMENT MENGGUNAKAN MIKROTIK PADA PT. SURYA AGUNG PUTRA JAYA

Oleh :  Felix Angkasa, Leo Sebastian Saputra, Giandhika Mulya Muhammad dan Dahlan Martadiredja

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang jaringan menggunakan Mikrotik serta memaksimalkan penggunaan internet untuk meningkatkan kinerja pada PT Surya Agung Putra Jaya. Perancangan bandwidth management memungkinkan penggunaan internet menjadi lebih efektif dan aman. Penelitian dimulai dengan melakukan interview terhadap pihak perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan survei lapangan dan observasi untuk pengumpulan data. Setelah itu, data yang didapat akan dianalisis untuk mengidentifikasi masalah dan juga menjadi bahan pertimbangan dalam rancangan topologi baru. Simulasi yang dilakukan akan menentukan apakah rancangan yang telah dibuat mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian, jika tujuan tidak tercapai, tahap perancangan akan diulang untuk kemudian disimulasikan kembali. Hasil dari penelitian akan menunjukkan penggunaan internet yang lebih efektif setelah dilakukan limit kecepatan pada client tertentu dan lebih aman serta produktif setelah pembatasan hak akses situs pada jam kerja. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan router mikrotik dan dilakukannya bandwidth management, produktifitas kerja karyawan dan keamanan akan meningkat.

Kata Kunci: mikrotik, bandwidth management, limit kecepatan, hak akses.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close