People Innovation Excellence

PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PERAMALAN KURS MENGGUNAKAN METODE AVERAGE-BASED FUZZY TIME SERIES MARKOV MODEL

PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PERAMALAN KURS MENGGUNAKAN METODE AVERAGE-BASED FUZZY TIME SERIES MARKOV MODEL

Oleh : Johari, Ro’fah Nur Rachmawati,dan Widodo Budiharto

Kurs merupakan salah satu peran penting dalam masa perekonomian terbuka pada masa kini, sehingga dibutuhkan suatu gambaran prediktif akan nilai kurs yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan akan masalah finansial. Pada karya ilmiah ini, diterapkanlah analisis prediksi nilai kurs (USD-IDR) dengan menggunakan metode Average Based Fuzzy Time Series Markov Model (AFTSM). Metode ini meliputi 4 konsep utama yaitu Average Based, Fuzzy, Time Series, dan Markov Model. Konsep Average Based berguna untuk menghitung nilai interval dari rata-rata data historikal. Konsep Fuzzy berguna untuk mengklasifikasikan variabel. Konsep Time Series untuk mengamati data selama kurun periode tertentu. Dan konsep Markov Model digunakan dalam proses prediksi data dengan menggunakan matriks probabilitas transisi. Untuk membantu proses analisis prediksi, dirancanglah suatu aplikasi berbasis Android yang bertujuan memprediksi dengan menganalisis suatu set data nilai kurs pada suatu kurun periode tertentu, sehingga proses dapat dilakukan secara lebih efisien, teliti, dan praktis. Hasil yang didapat adalah nilai prediksi kurs mata uang untuk 1 hari kerja ke depan dengan menggunakan metode AFTSM. Nilai yang dihasilkan cukup akurat dan membantu pengguna dalam memprediksi nilai kurs guna untuk aktivitas perekonomian maupun finansial yang dijalankannya.

Kata kunci: Average based, Fuzzy time series, Markov, Fuzzy, Kurs, Android.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close