People Innovation Excellence

APLIKASI MOBILE PENGELOLAAN REKAM MEDIS BERDASARKAN PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE FISHERFACES

APLIKASI MOBILE PENGELOLAAN REKAM MEDIS BERDASARKAN PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE FISHERFACES

Oleh : Darmawan Efendi, Alexander Agung S G, Michael Yoseph Ricky

Keberadaan mobile saat ini memiliki dampak yang sangat besar dalam hal penyebaran dan penerimaan informasi. Sumber informasi biasanya berasal dari internet yang dikelola oleh web service sehingga dalam proses penyebarannya dibutuhkan keamanan. Salah satu informasi yang penting adalah rekam medis, rekam medis adalah informasi yang dibutuhkan oleh dokter untuk mengetahui riwayat dari pasien dan informasi ini hanya diperuntukan untuk dokter tertentu dan bersifat pribadi. Agar rekam medis terlindungi dari penyalahgunaan digunakan pengenalan wajah fisherfaces sebagai prosedur keamanannya. Metode Penelitian mengikuti aturan adaptive software development melalui proses spekulasi, kolaborasi dan pembelajaran. Metode tersebut membantu proses penelitian dalam mencapai tujuan penelitian yaitu pengembangan aplikasi pengelolaan rekam medis pada cross-platform windows phone dan android dengan menggunakan phonegap dan menguji kinerja dan ketepatan fisher liniear discriminant. Hasil yang dicapai adalah setiap mobile mempunyai tingkat akurasi yang berbeda dimana Android mempunyai akurasi yang lebih tinggi, 81% dibandingkan Windows Phone, 74% dan  tingkat dari akurasi fisherfaces mencapai 78% dengan threshold 3500 dan 5 data training. Simpulan dalam penelitian yaitu untuk memaksimalkan akurasi dari fisherfaces harus mempunyai variasi data yang lebih banyak dan kamera yang digunakan juga merupakan faktor terpenting dalam pengenalan wajah.

Kata kunci: adaptive ,fisherfaces, cross-platform, phonegap, web service.

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close