People Innovation Excellence

Aplikasi Entertainment “MOOFY” Berbasis Platform Android untuk Penggemar Film di Indonesia

Ringkasan

Aplikasi MOOFY merupakan aplikasi mobile berbasis android yang dipe- runtukkan bagi penggemar film bioskop Indonesia. Aplikasi ini bergerak dalam bidang Entertainment dan Lifestyle. Tujuan utama aplikasi mem- permudah penggemar film bioskop dalam mengetahui jadwal film yang in- gin ditonton. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dan perancangan. Metode analisis meliputi analisis ter- hadap kuesioner dan aplikasi sejenis. Metode perancangan meliputi pem- buatan model yang dapat menjelaskan fungsi-fungsi yang dilakukan oleh aplikasi beserta detil cara penggunaannya dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) berupa Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Hasil yang dica- pai adalah suatu aplikasi bioskop berbasis android yang dapat memenuhi kepuasan kustomer dalam memberikan informasi secara lengkap mengenai jadwal film yang sedang tayang di bioskop se-Jabodetabek. Dalam hal ini, apa yang membedakan MOOFY dengan aplikasi bioskop lainnya adalah MOOFY dilengkapi dengan informasi lama tayang film yang ingin ditonton oleh kustomer disertai fitur reminder sehingga penonton tidak akan ket- inggalan untuk menonton film tersebut di bioskop. Jadi, MOOFY adalah sebuah aplikasi bioskop yang diharapkan mampu menjadi aplikasi yang men- jadi andalan utama para penggemar film untuk mengetahui informasi dan jadwal tayang film yang diinginkan untuk ditonton di bioskop bersama part- ner, teman, atau keluarga tanpa mengganggu produktivitas mereka.

Kata kunci: Jadwal, Film, Bioskop, Android

Latar Belakang Masalah

Dewasa ini, menonton hasil sebuah karya seni seperti film di bioskop kerap kali menjadi hiburan yang menarik bagi masyarakat yang tinggal dan bek- erja di kota. Harga yang relatif terjangkau untuk sebuah hiburan sekedar menghilangkan kejenuhan setelah melakukan aktivitas sehari-hari baik bersama keluarga, teman ataupun pasangan, membuatnya sangat disukai.

Namun, seiring dengan padatnya aktivitas menimbulkan masalah bagi para penggemar film. Kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk ke bioskop ditengah kesibukan dan deadline yang harus dilaksanakan. Semen- tara, jika terlalu lama menunda maka film yang dinantikan bisa-bisa sudah habis masa penayangannya di bioskop, atau bahkan dengan padatnya ak- tivitas membuat kita lupa untuk menonton film itu sendiri.

Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan kami mengembangkan MOOFY. MOOFY merupakan aplikasi mobile berbasis android yang menyediakan fi- tur untuk menkalkulasi dan menampilkan estimasi berapa lama sebuah film tayang di bioskop lingkungan sekitar calon kustomer (khusus Jabodetabek), karena terintregasi dengan GPS, dan disertai fitur pengingat jadwal (re- minder) untuk menonton film yang ingin ditonton pada rentang waktu esti- masi penayangan.

Pada umumnya, pengaturan di Indonesia mengharuskan sebuah bioskop untuk menayangkan film lokal atau western, dan dengan adanya rata-rata tiga film baru setiap minggunya maka akan berdampak pada lama tayangnya sebuah film, yakni apakah akan diperpanjang ataupun segera digantikan dengan film lainnya. Belum lagi jika penayangan film bersamaan dengan film blockbuster, yaitu megafilm yang dinantikan secara internasional, maka dapat memperbesar kemungkinan cepat digantikannya film tersebut setelah tayang selama seminggu.

MOOFY akan mempertimbangkan beberapa faktor untuk menentukan estimasi seberapa lama tayang sebuah film diantaranya banyak dan antusias penonton film tersebut selama 4 hari pertama ditayangkan yang akan dita- mpilkan melalui data statistik sehingga dapat menjadi referensi bagi pihak bioskop untuk menentukan berapa lama suatu film sebaiknya ditayangkan pada bioskop tersebut. Semakin besar antusias penonton maka semakin be- sar pula kemungkinan film tersebut akan bertahan lama di bioskop.

Pada zaman ini semua orang mempunyai gadget yang selalu dibawa ke- manapun untuk mempermudah komunikasi. Dalam hal ini, smartphone menjadi salah satu gadget yang pemakaiannya termasuk wajib digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan melalui riset yang dilakukan oleh ET Studio pada 2012 – 2016, platform Android jauh lebih unggul dari platform pesaingnya yaitu iOS, Windows phone, Blackberry. Contohnya pada Mei 2016, Android mendom- inasi sebanyak 79.87% dalam pasar dibandingkan iOs yang mendapat 2,38% dan platform lainnya. Dari riset diatas penilitian ini akan memakai OS An- droid sebagai platform aplikasi Moofy.

Akhirnya hal tersebutlah yang melatarbelakangi penelitian ini untuk memberikan nama aplikasi ini yaitu “MOOFY” yang diambil dari kata “MOVIE” sesuai pengucapannya dalam Bahasa Indonesia dan lewat latar belakang tersebut penulis juga mengangkat topik APLIKASI BIOSKOP “MOOFY” BERBASIS PLATFORM ANDROID UNTUK PENGGEMAR FILM BIOSKOP INDONESIA.

Perumusan  Masalah

  1. Bagaimana membuat aplikasi yang dapat membantu penggemar film agar dapat menikmati film di bioskop tanpa mengganggu padatnya aktivitas mereka?
  2. Bagaimana cara agar penggemar film dapat mengetahui informasi be- rapa lama tayangnya film yang ingin mereka tonton di bioskop?
  3. Bagaimana cara membuat aplikasi yang bermanfaat tidak hanya bagi penggemar film (calon user) namun juga untuk pihak bioskop?

Tujuan

  1. Mempermudah kalangan masyarakat yang sibuk dengan aktivitasnya untuk tetap update dengan perkembangan film di
  2. Memberikan informasi kepada setiap orang mengenai film apa saja yang ada di bioskop, dan di bioskop mana saja film tersebut masih tersedia.
  3. Memberikan statistic penonton sehingga dapat merekomendasi pihak bioskop mementukan berapa lama suatu film sebaiknya tayang pada bioskop

Luaran Yang diharapkan

  1. Target utama pemasaran aplikasi ini adalah generasi muda (usia ku- rang dari 30 tahun) pengguna smartphone khususnya bagi penggemar film dan sering ke
  2. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi MOOFY:
  3. Estimasi berapa lama sebuah film tayang di bioskop lingkungan sekitar kustomer (Jabodetabek)
  4. Membeli tiket/online booking tiket bioskop melalui aplikasi
  5. Menampilkan statistik pada bioskop sehingga mempermudah bioskop dalam menentukan lamanya suatu film untuk tayang di
  6. Aplikasi berjalan pada sistem operasi berbasis Android (.apk) dengan tipe O/S minimal: Jellybean (grafik 5D)
  7. Genre aplikasi: Entertainment, Lifestyle
  8. Aplikasi ini akan memakai Android Studio dalam pembuatannya

Kegunaan

  1. Memberikan pelayanan kepada setiap penggemar film dengan menampilkan informasi mengenai film yang beredar di
  2. Memberikan kemudahan bagi penggemar film untuk mengatur jadwal menontonnya sendiri karena sudah disertai fitur reminder dan estimasi lama tayang film pada aplikasi
  3. Memberikan keuntungan bagi pihak bioskop karena dapat memberikan nilai tambah pada kepuasan kustomer terhadap aplikasi

Author : Salim Hartono, Aditia Jordi Putra, Andreas Syahputra, Stella Meillisa, Tjendrawati,
Supervisor : Hanry Ham


Published at : Updated
Written By
Hanry Ham, S.Kom.,M.Eng
Subject Content Coordinator – Software Development | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close