People Innovation Excellence

APLIKASI E-RECRUITMENT PADA PERUSHAAN AGRA BAREKSA

APLIKASI E-RECRUITMENT PADA PERUSHAAN AGRA BAREKSA

Oleh :

Steven Kurniawan, Satria Wiratama Sandi, Filbert Darrens Saputra, Widodo Budiharto

Tenaga kerja pada sebuah perusahaan merupakan unsur yang sangat penting dan vital bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Proses penerimaan dan perekrutan karyawan baru bagi sebuah perusahaan merupakan gerbang awal untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas. Oleh karenanya dibuat sebuah aplikasi e-recruitment bagi perusahaan Agra Bareksa. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah membantu perusahaan Agra Bareksa dalam memudahkan dan meningkatkan efisiensi kerja dalam melakukan proses rekrutmen. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memasukkan data pelamar kerja yang telah melamar. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengajukan Formulir Pengajuan Tenaga Kerja (FPTK) dan melakukan persetujuan atas formulir yang telah diajukan. Setelah formulir disetujui, perekrut akan menggunakan aplikasi untuk mencari data kandidat yang telah dimasukkan dan merekomendasikannya kepada pengaju formulir untuk disetujui. Pada kandidat yang telah disetujui, dicatat tahap-tahap seleksi rekrutmennya dari awal sampai hasil akhirnya. Aplikasi juga mampu membuat laporan dari proses pengajuan formulir dan rekrutmen yang telah disimpan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis meliputi studi pustaka dan wawancara. Metode perancangan menggunakan Extreme Programming (XP) yang terdiri dari tahap planning, design, coding, dan testing. Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi e-recruitment yang memiliki kemampuan untuk memasukkan data pelamar, mengajukan dan menyetujui FPTK, merekomendasikan dan menyetujui kandidat, mencatat rekam jejak kandidat, dan mengotomatisasi pembuatan laporan. Simpulan yang didapat adalah aplikasi ini membantu pengguna dalam menyimpan dan mengelola data FPTK, pelamar, dan rekam jejak rekrutmen.

Kata Kunci: E-Recruitment, tenaga kerja, pelamar


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close