People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI BASIS DATA PENGELOLAAN EVENT PADA LEMBAGA ADAT MELAYU JAMBI

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI BASIS DATA PENGELOLAAN EVENT PADA LEMBAGA ADAT MELAYU JAMBI

Oleh :  Lastri Ningsih, Rini Anike Putri, Taruna Fernando Hulu, Choirul Huda

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa proses bisnis pada Lembaga Adat Melayu Jambi untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan dan termasuk indentifikasi kebutuhan dan permasalahan yang ada serta membangun aplikasi basis data berbasis web agar proses menjadi lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan pada tahap analisis meliputi studi pustaka dan wawancara sedangkan metode yang digunakan pada tahap perancangan meliputi perancangan basis data berupa pembuatan model konseptual, model logikal dan model fisikal, perancangan aplikasi meliputi perancangan struktur menu, perancangan state transition diagram, perancangan data flow diagram, dan perancangan layar dengan mempertimbangkan Eight Golden Rules. Hasil yang dicapai adalah aplikasi basis data yang mendukung sistem proses persiapan event, penyelenggaraan event, dan pelaporan akhir event dari sisi penyimpanan data yang terintegrasi, mampu menghasilkan laporan dan mengintegrasi setiap divisi. Simpulan yang diambil dari penelitian ini adalah aplikasi yang diusulkan dan diimplementasikan dapat mendukung proses yang sedang berjalan, mengurangi resiko kehilangan data, dan keamanan data lebih terjamin.

Kata kunci : aplikasi, basis data, perancangan.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close