People Innovation Excellence
 

Automation Testing Tools

Software Development Engineering in Test atau SDET adalah seorang profesional TI yang bekerja baik dalam pengembangan dan pengujian software. Pengetahuan profesional SDET sepenuhnya terfokus pada testability, robustness, dan performance dari sebuah sofware. Tugas utama SDT adalah melakukan pengujian dan pemeriksaan kualitas untuk memastikan bahwa fitur yang dibuat oleh developer telah memenuhi standar. Tes-tes ini dilakukan melalui pengujian manual dan uji otomatis. Untuk mencapai ini, SDET harus memiliki pengetahuan tentang berbagai metode uji & alat yang sesuai. Ada beberapa alat pengujian otomatisasi yang biasanya digunakan oleh SDET, seperti Ketimun, Driver Web Selenium, Intellij IDEA, dan Appium

Cucumber adalah sofware yang digunakan oleh programmer untuk menguji software lainnya. Cucumber menjalankan tes penerimaan otomatis yang ditulis dalam behavior-driven development (BDD). Dengan menggunakan bahasa Gherkin, cucumber memungkinkan software behavior dispesifikasikan dalam bahasa logis yang dapat dipahami oleh customer. Tes cucumber dibagi menjadi beberapa fitur-fitur dan fitur-fitur ini dibagi menjadi beberapa skenario, yang merupakan urutan tahapan testing. Sebelum cucumber dapat melakukan tahapan-tahapan tesebut, tahapan tersebut harus didefinisikan terlebih dahulu melalui definisi tahapan, bagaimana tahapan itu harus dilakukan.

Selenium adalah alat open source yang digunakan untuk mengotomatisasi tes yang dilakukan pada browser web (aplikasi Web diuji menggunakan browser web apa saja). Script tes selenium dapat ditulis dalam banyak bahasa pemrograman. Tes selenium dapat dilakukan menggunakan browser apa pun. Menggunakan selenium kita dapat melakukan tes otomatis, misalnya kita dapat menulis code untuk sign up otomatis: ketika kita menjalankan program, secara otomatis akan membuka browser, pergi ke halaman web, mengisi formulir sign up, dan mendaftar sendiri, mengikuti skenario yang programmer tulis dan data yang sudah ditentukan untuk diisi.

Intellij IDEA adalah environment pemrograman khusus atau yang biasa disebut integrated development environment (IDE)  yang sebagian besar dibuat untuk Bahasa pemrograman Java. Dengan menggunakan Intellij IDEA, SDET akan terlebih dahulu menulis story pengujian otomatisasi menggunakan bahasa cucumber untuk mendefinisikan alur pengujian tahap demi tahap. Kemudian programmer akan mendefinisikan setiap tahap dalam bahasa Java dan menggabungkannya dengan Selenium untuk melakukan pengujian otomatis pada browser web.

Appium adalah open-source tool yang digunakan secara khusus untuk mengotomisasi aplikasi mobile. Melalui Appium kita dapat memeriksa setiap elemen dalam aplikasi mobile untuk dapat mengidentifikasikan elemen mana yang penting untuk diotomisasi dan bagaimana menghubungkan setiap elemen tersebut untuk membuat sistem otomisasi yang dapat bekerja dengan baik. Selain itu, Appium berfungsi sebagai server yang menghubungkan kode dari Intellij IDEA ke dalam aplikasi mobile, yang mewakili eksekusi command.

Otomisasi tes berbeda dari testing yang dilakukan secara manual dimana programmer bertanggung jawab secara penuh untuk men-testing setiap fungsionalitas dari software. Sedangkan automated testing dilakukan melalui automation tool, di mana dengan menggunakan tools ini waktu yang dibutuhkan untuk melakukan testing menjadi lebih singkat dan lebih banyak waktu dibutuhkan untuk me-maintain script test. Automtaed testing biasanya lebih sesuai diterapkan untuk project yang besar, project yang membutuhkan testing di area yang sama secara berulang, dan project yang sudah dilakukan testing secara manual.

Authors :

  • Stella Suharli (1901527712)
  • Dennis Andrean (1901456224)
  • Irene Anindaputri Iswanto (D5874)

Source :


Published at : Updated
Written By
Irene Anindaputri Iswanto, S.Kom., M.Sc.Eng.
Lecturer Specialist S2 – Artificial Intelligent | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close